All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Thursday, December 8, 2011

Sungkaya Bread (Roti Srikaya)





  Ahaa! akhirnya untuk yang satu ini saya merasa puas dengan resep roti yang ini. Karena rotinya lembut dan jauh dari roti tipikal keras atasnya (tipe roti2 western gitu...:D) Berbekal dari baca-baca Buku Resep Aneka Roti Mancanegara by Sedap, dari berbagai pilihan roti negara, saya mencoba yang tipe Asia, dan akhirnya pilihan jatuh pada jenis Roti Korea, yang katanya tipikal roti yang agak lentur, kenapa? Karena ada penggunaan tepung ketan di dalamnya, dulu2 saya pernah mendengar tentang penggunaan ketan dalam roti bisa melembutkan roti, tapi baru kali ini saya mencobanya, walaupun sang Buku sebenarnya sudah lama ditangan saya, cuma males praktek. :D


Akhirnya sebagai laporan pembuatan SWEET BREAD LBT#10, saya mencoba resep ini untuk pertama kalinya..... Untuk filling saya padukan dari resep Buku ROTI by Bogasari. Ini dia resep rangkuman dari saya....:D


Sungkaya Bread (Roti Sarikaya)


Source : Sedap & modified by Ike

Bahan Dasar Roti Korea :


Bahan Biang :
50 gr tepung ketan
50 ml air mendidih

Bahan dough :
500 gr tepung terigu protein tinggi (Ike pakai Bread Flour)
100 gr gula pasir halus
11 gr ragi instan
15 gr susu bubuk
2 butir telur
200 ml air es
100 gr butter
1 sdt teh garam
1/8 sdt bread improver (bisa diskip)

Bahan Isi (filling) dan topping :
65 gr tepung terigu
300 ml santan kental
1 butir telur
4 gr esens pandan warna hijau
120 gr gula pasir
1 gr garam

Topping lain variasi : kelapa kering siap pakai









Cara Membuat :

  1. Biang : seduh tepung ketan dengan air mendidih, aduk sampai tercampur kental dan kalis. Sisihkan.
  2. Dough : Masukkan dalam sebuah wadah cekung, terigu, gula pasir, ragi instant, susu bubuk, bentukan lubang, masukkan telur, dan butter, uleni, sampai rata, tercampur dan kalis, dengan metoda dibalik2 adonan dough itu.
  3. Masukkan air es, sedikit demi sedikit, uleni terus, sampai kalis, baru kemudian garam. Uleni sampai 3/4 elastis.
  4. Tambahkan biang ketan kedalam adonan dough, uleni lagi sampai tercampur dan betul2 kalis, lentur, ciri lentur adalah bila adonan diambil sebesar bola bekel, kemudian ditipiskan dengan dengan kedua tangan tangan, makan si dough tidak akan robek, tapi akan membentuk dough yang menipis dan tidak robek.
  5. Tutup dough dengan lap kering, atau dengan menggunan plastic wrap selama 15-20 menit, sampai adonan mengembang, 
  6. Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan, timbang masing-masing 40-50 gr. Bulatkan, dan diamkan 10 menit.
  7. Bentuk adonan sesuai selera. Letakkan dalam loyang yang sudah di semprot olive/vegetable/canola oil/disemir margarine. Tutup kembali selama 30-40 menit samapai adonan mengembang.
  8. Sementara itu untuk membuat isi nya sbb : Campur tepung terigu dengan sedikit santan, aduk hingga larut. Tambahkan telur kocok, aduk rata, sisihkan sebentar, Sementara itu masak dengan sisa santan bersama essence pandan, gula dan garam, hingga panas (tidak perlu mendidih). Tuangi larutan tepung, masak hingga menjadi larutan yg kental, angkat dan dinginkan.
  9. Untuk hiasan diatas, sebelum dipanggang baru di hias,dan dalamnya diisi dengan filling, tapi kalau yang isi, langsung bisa diisi, dan sebelumnya adonan digulingkan dulu dalam kelapa kering, dan tengahnya dibolongin, baru diisi filling.
  10. Panggang dalam oven 180 derajat, yang sebelumnya telah dipanaskan dulu.
  11. Siap disajikan....hmmmmm....enak bangettt!






Source : Manired Lange & Bogasari Baking Center ROTI & Aneka Roti Mancanegara by Sedap Paduan Citarasa Seni Kuliner

2 comments:

CT Delima said...

AS'salam

Salam kenal. sungguh enak bila lihat roti sarikaya ni saya juga udah lama tak buat roti didapur. anak2 juga suka makan tapi Mamanya malas mahu uli2..hihi

cantk2 semua pic nya kalau boleh diizinkan mahu juga cobai resep nya :)

Ike Hermawan said...

Silakan dicoba resepnya CT Delima...:) makasih dah mampir...:)