All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Wednesday, November 3, 2010

Homemade Bakso Sapi

Penting! bagi yang tinggal di rantau seperti saya untuk bisa membuat bakso sapi sendiri, terasa banget.... :D Meski pun ada beberapa teman yang bisa membuat dan bisa bikinin, tapi untuk satu kilo bakso bagi kami sebagai penggemar bakso, usianya tak lebih dari seminggu, bahkan pernah hanya mampu 3 hari, he he....  Tentu saja hal ini akan mengganggu ART (Anggaran Rumah Tangga) kalau terus-terusan beli...he he... Sudah 3 tahun tinggal di Perth, sering mencoba bikin bakso dan selalu tak cocok alias rasanya aneh.... hasil searching di internet, bahkan liat You tube, gimana caranya, tetap ga berhasil bikin bakso sesuai lidah kami.
Akhirnya....ada teman yang berbaik hati disini memberikan resepnya, beliau ini terkenal bakso nya yang enak, dan selalu langganan konsumsi KJRI Perth, kalau ada acara makan-makan di Konjen.
Tapi memang percayalah.....beda tangan beda bakso, hehehe....mungkin juga pengaruh dari pengalaman membuat bakso sih....:)  Nah, sebagai catatan, ini dia resepnya....cocok banget, dan keluarga suka.....:)

BAKSO SAPI
modified by Ike

Bahan :
- Daging Cincang (1kg), yang kualitas baik, (Premium beef mince)
- Lada 1sdt
- chicken stock powder 1sdt (kaldu ayam bubuk) / Beef stock
- Bawang putih powder 1 sdt
- Bawang goreng 1-2 sdm
- gula putih 2 sdt
- garam 1 sdt
- air 250 ml
Semua bahan diatas tempatkan pada Food Processor, giling sampai tercampur,
kemudian, tambahkan lagi :
- Baking powder 1sdt
- 5 putih telur
- Tepung tapioka (biru) 10 sdm (Ike pakai sagu tani, bila ingin lebih kenyal penggunaan tapioca dilebihin 1-3 sdm) --- > tergantung selera.
Diprocessor lagi, sampai benar-benar halus dan tercampur rata. Jangan ragu untuk mencicipi. Dan Bakso siap dibentuk.

Kuah Bakso :
1. Bwg pth goreng
2. Garam
3. Gula pasir
4. Batang seledri
5. Merica
6. Beef stock powder (kaldu sapi bubuk
7. Tulang Sapi

Cara Membuat Bakso :
1. Siapkan panci berisi air mendidih, kecilkan api, bulatkan adonan. Saya tidak menggunakan kepalan tangan untuk membulatkannya, tapi menggunakan spatula kayu yang rada cekung, pegang sama tangan kiri, dan tangan kanan memegang sendok teh. Ambil adonan bakso dengan tangan kanan, sejumput besar sendok teh, kemudian, tempatkan di spatula, yang dipegang sama tangan kiri, lalu, bulat-bulatkan disitu, sampai terbentuk bulat, dan cemplungkan. Lakukan sampai adonan habis. Bersih kan? tangan bebas kotor lengket-lengket. Ini ala Ike....sejauh ini aku sih oke-oke saja.....:) Kalau orang lain tentu beda mungkin, karena konon, dalam kepalan tangan itu lah enaknya bakso...heheheh......
2. Setelah terapung, baru angkat, dinginkan. Simpan di kulkas atau freezer untuk jangka waktu lama.
3. Untuk kuah, pertama-tama rebus tulang sapi nya dulu sampai mendidih, buang buihnya, kemudian beri bumbu-bumbu kuah tersebut, cicipi sesuai selera. 
4. Bakso siap disandingkan dengan kuah bakso atau mie, mie ayam, bakso kuah....apa pun....:)

Selamat mencoba....semoga cocok seperti saya....:D

5 comments:

yeny_mk said...

mbak ike...
mo tanya dunk....
^^
chicken stok itu apa yah...?? hehe
makasih..

Ike Hermawan said...

itu, kaldu ayam bubuk...:D makasih dah mampir ya....:)

yeny_mk said...

Oh, iya2....
selalu mampir disini koq...
selalu ada yg baru n menggiurkan... hehe.....

Ike Hermawan said...

wahh makasih Yen, he he....klo deket dikirimin kue deh...:D

obat mata herbal said...

mantap..