All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Sunday, January 24, 2010

[Event MasBar] Cimol Bandung




Masak Bareng lagi Yuuuuuks! Kali ini temanya adalah Penganan Kaki Lima, yaitu masakan-masakan yang familiar di Abang-Abang penjual makanan di pinggir jalan. Biasanya sih penganan yang sedang trend atau yang sangat populer di daerah tertentu. 


Kali ini entry saya adalah CIMOL Bandung. Bagi orang Bandung, tentu sudah tidak asing jajanan satu ini. CIMOL alias aCI digeMOL, artinya tapioka diemut/dikulum-kulum, hehehehehehhe...begitulah kurang lebih. Populer sekali Cimol ini, sampai ada berbagai rasa, rasa pedas, keju, bbq, keju manis, dan macam-macam kreasi si Abang-Abang penjual. Di Bandung, yang terkenal Cimol Elizabeth, yang mangkal deket toko Tas Elizabeth, seperti halnya Cendol Elizabeth, tapi ternyata ga hanya itu, banyak juga ko Cimol-Cimol yang enak lainnya. Bentuknya yang bulat IMUT ini, lucu, dan pengen selalu di kunyah. Kalau dilihat-lihat resep CIMOL ama CILOK atau CIRENG, ga begitu jauh berbeda, penggunaan pure tapioca tidak dianjurkan, karena menghindari pengerasan adonan yang sudah dimasak, bila menggunakan campuran terigu, adonan yang dimasak tidak akan begitu keras walau sudah dingin, diminimalisir gitu, walaupun enaknya dan afdolnya dimakan hangat-hangat....:D




Salah satu yang baru kenal CIMOL adalah Avi, gadisku, mudik kemarin baru kenalan yang namanya CIMOL, langsung deh tergila-gila alias doyaaaaaannnnn! Nah, kebetulan MASBAR Januari ini temanya Penganan Kaki Lima, cocok banget, karena Avi minta dibuatkan CIMOL kesukaannya. Avi sukaaaaaa bangeeetttt.....!! 

CIMOL BANDUNG by Pawonike : 
200 gr tepung tapioca
25 gr tepung terigu 
1 butir telur
1/2 sdt bawang putih bubuk
1 batang daun bawang, iris halus
1/4 sdt lada
1 sdt garam
air panas 2-3 sdm
Minyak goreng 1 sdt

Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng


Topping :
Keju parmessan
Cabai bubuk 
atau :

Saus ala Abang Cimol :
2 sdm saus tomat
1 sdm saus cabai
150 ml air
1 sdt tepung maizena, larutkan
1/4 sdt garam
1 sdt gula pasir
(semua bahan saus di masak saja, dengan api kecil, maizena masukkan terakhir)

Cara membuat :
Campur tepung tapioca, terigu, telur, lada dan garam, minyak hingga rata, tuang air panas sedikit demi sedikit sampai bisa di pulung, bila kurang air bisa di tambahkan, bila terlalu encer tambahkan tapioca sedikit demi sedikit. Jangan ragu untuk mencicipi rasanya. Bentuk Cimol, bulat-bulat sebesar kelereng.

Goreng Cimol dalam minyak banyak dan panas, sampai terapung, pas menggoreng, api kecil saja.
Sajikan hangat-hangat dengan topping sesuai selera, atau cocol sambal botol juga enak.
Selamat mencoba....:) 

Source : Ibunda tercinta di Bandung :)

7 comments:

sofinurhimah said...

Ike...aduh cantik2 masakannya, sempet course masak yaaa...selamat yaa blog nya juga cantik

Ike Hermawan said...

engga Sofi, ga sempat kursus, otodidak trial n error, heheheheh.....makasih ya dah berkunjung....:)

Masak Bareng said...

Haloo teh Ike,
cimolnya mantabbb bangeddd....
bisa bulet2 cantik gituh.

makasih ya, udah ikutan MasBar :)

Ike Hermawan said...

sama2....:D

Ine Sena said...

kapan2 nyontek dari sini ahhh... nuhun Ike....

indahsarah said...

mampir mau unduh resepnya ya bunda ^_^

Anonymous said...

emmm,.,. kn namanya cimol,.,. aci digemol/ aci molen,.,.

kok ga pake aci ya (sagu),.,.