Kitchen - Traveling - Education


All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Friday, March 13, 2009

Measuring Cups n Spoons


Takaran ini adalah measuring cups, sudah dicoba 1 cup ini bisa sampai 250 gr, ini adalah standar Australia, jadi cukup memudahkan kalau menakar tepung, karena sy malas untuk menghitung gram, he he... Gimana Mir, sama ga?


Banyak yang sudah tahu pastinya tentang takaran di atas ini, paling kiri adalah 1 tbsp (table spoon), 11/2 tsp (tea spoon), 1 tsp, 1/2 tsp, 1/4 tsp. Yang jadi rancu adalah, apakah sama 1 tbsp itu sama dengan 1 sdm? mungkin tidak semua punya alat takaran sendok di atas, atau kalo yang udah jago masak sih bisa kira2, pake telapak tangan misalnya, atau berapa kali tetes ke dalam adonan. Tapi untuk keyakinan, dan bagi pemula alangkah baiknya punya takaran seperti ini.

Seperti untuk pembuatan pizza, misalnya kita pakai 2 tbsp, ga mungkin kan pake telapak tangan, atau pake sendok makan? Kita tahu sendiri ukuran sendok makan itu beda-beda ada yang ceper ada yang cekung...jadi? ini lah ukuran tbsp sebenarnya...:)


Coba perhatikan gambar di atas, 1 tbsp, diapit sama 2 sendok makan yang berbeda ukuran, ujung sana agak ceper, sementara ujung sini agak cekung.


Saya kasih contoh untuk gula pasir ini, saya pakai sendok makan yang cekung, seperti ini...


Setelah dituangkan ternyata...tarrraaaaaaa.....hasilnya kurang dari 1 tbsp atau 1 sdm yang diminta oleh resep...:) ternyata memang beda ya...

Maaf bukan menggurui...hanya sekedar fun, kadang kita salah kaprah dalam takaran...:)

4 comments:

Mira G. Lestari said...

Measuring Spoon sama Spoon biasa Setau Mira, measuring spoon sama spoon biasa memang beda, Teh. Takaran yang akurat kalo dikonversikan ke dalam gram.

Mira pernah mau beli measuring spoon dengan ukuran "cup". Tapi anehnya kok kecil. 1 cup terigu kayaknya gak nyampe 100 gr sama sekali. Ternyata disitu dibilang ini cup untuk liquid. Tapi versi Chinese. Nah berarti bisa berbeda dong dengan negara lain. Hehehehe..

Tapi yang jelas sih kalo untuk cooking and baking, pakenya ya measuring spoon kayak punya Teh Ike. Bukan spoon biasa. Which is Mira mah teu gaduh... Hohohohohoho...

Mira G. Lestari said...

Yey.. naha eta bahasa teh meni pabaliut kitu nya? Sepertinya akibat belum sarapan.. :D

Novie said...

aq juga punya sendok takar gitu mbak...tp makenya klo pas buat kue aja, karena resep kue kan harus pasti...tp klo masakan aq pake sendok2 biasa biar cepet sih...memang sih volumenya beda..makanya kadang kita harus lihat sumber resepnya juga untuk menentukan takaran apa yg kita pake...

Ike Hermawan said...

He he...bener ya Mir, mb Nov, tergantung kita mau bikin apa, klo kyk baking mah jgn coba2 deh...ntar malah gatot...

takaran cup nu kumaha sih nu liquid? ntar sy posting nya takran cup sy.
btw maenya tukang kue ga punya measuring spoon? kacidaaaa...:D