All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Tuesday, December 9, 2008

Ayam Suwir Saus Inggris

Ayam suwir ini adalah resep turunan dari mamah, klo saya bilang sih terlalu western, karena bumbunya tidak ada yang diulek pula, jadi tinggal racik aja. Saus Inggris ini atau disini populer dengan sebutan Worcestershire, menurut Om Wapedia, saus ini adalah saus yang berbentuk cairan encer yang berwarna gelap dengan rasa sedikit asin dan beraroma harum, terbuat dari cuka, gula jagung,kecap asin, lada hitam,anchovy, asam jawa,cengkeh. Pantesan aroma nya khas banget ya...

Anak-anak, juga suka tuh, terlalu sayang untuk dilewatkan, karena bagi mereka ayam suwir, gampang dimakan...he he...dan akhirnya cepat pula habisnya, nah giliran yang nyuwir-nyuwir suka pegel, he he...*dasar pemalas...

Ingredients:
500 gr ayam fillet,
bumbu perendam ayam :
1 sdm saus inggris (worcestershire)
1/2 sdt garam
Lumuri ayam dengan bumbu perendam selama kurang lebih 1/2 jam

Sausnya :
1 buah bawang bombay, iris
2 siung bawang putih, rajang
1 cm jahe
1 cm lengkuas
1 lembar salam
3 sdm saus tomat
3 sdm kecap manis
1 sdm saus inggris
1 sdm sambal cabe, bila suka
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica

Directions:
Goreng ayam dalam minyak panas, samapai matang kecoklatan, dinginkan, dan suwir-suwir. Sementara itu, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai wangi, masukkan laos, jahe, salam, saos tomat, kecap, gula, garam, merica, saus inggris, aduk rata, pakai api kecil, cicipi, sesuaikan dengan selera, kalau suka pedas tambah sambal botolan. Setelah pas, baru masukkan ayam suwirnya, matikan api, aduk cepat, sampai rata dan meresap. Hidangkan dengan nasi hangat...

ayam suwir

*Sumber : turun temurun
Foto by Ike

6 comments:

Mira Assjarif said...

Teh.. Sonooo.. Kamana wae atuh. Boseng ngempi nya? Hihihihi..

Tah ieu bakalan Mira tiron deui aaah.. Sama hal-nya seperti ayam kuluyuk. :D

mae said...

ya ampooon... ngiler mbak Ike, jd bener2 lapar nih !

Bia Rabiatul Adawiyah said...

Abdi mah bade nyiapkeun nasi haneutna wenya...!

Ike Hermawan said...

@ Mira : iya sonoooooo...he he aya wae lah...sok lah tiron nya...

@ Mae : ayo makan..makan...

@ Bia : iya sok diantossss....

naanaaa said...

saya naksir resep ini mbak, kafan kafan saya cofa ya. saya juga punya resep ayam suwir, cuman sekarang lagi males bikin karena sebelumnya terlalu sering, resepnya pake bumbu sisit bali.

meinekueche said...

Halo mba, salam kenal...saya udah praktekin nih resepnya, uenakkkk tenannnnn....bawaannya nagih banget...ijin copas resep en nge link ya mba :):)