All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Tuesday, March 17, 2009

Tragedi Donat Kampung


Kangen donat kampung, yang hanya berselimutkan gula halus...donatnya jauh dari empuk, tapi ko enak ya...he he... Akhirnya hari ini bikin juga... ga terlalu sulit, resepnya begitu-begitu saja, terigu, telur, susu, yang aneh adalah tatapan aneh dari kedua anakku..."ko keras maaaa....nyammm nyammm tp enak maaa...." Aldy sekali makan sampe 3 biji...he he... Sekali-kali makan donat jaman emaknya dulu nihhhh....:D

Bahan :
500 gr terigu
125 gr mentega
2 butir telur
200 ml susu segar
1/2 sdt garam
1/2 sdt yeast
1/2 sdt baking powder
Gula halus (ganti sama gula caster) untuk balutan donat

Cara membuat :
Tanpa mixer, campur terigu dan baking powder sampai rata, lubangi tengahnya, masukan telur, aduk dengan tangan, sampai tercampur, kemudian mentega, susu cair, aduk lagi, sampai kalis, baru kemudian garam dan yeast, aduk-aduk, sesekali dipukul gpp (klo lagi marah sih...:D).
Ambil adonan sekepal-sekepal tangan, tata bulatan adonan dalam tray (baki) tutup dengan lap lembab, biarkan 20 menit.
Kemudian lobangi tengahnya (ini dilakukan karna ga punya cetakan donat, hikksssss....:(( makanya bentuknya ga mulussss...nasibbbb...:D
Goreng dalam minyak banyak dan panas sampai kecoklatan.
Dinginkan, baru masukan ke gula caster, cara ala kampung, gulanya masukin ke plastik, terus donatnya dimasukin ke plastik juga, kocok-kocok, jadi deh penuh gula...:D

9 comments:

Novie Kurnia said...

Waduh..ngilerrr...trus mana resepnya??...kan pingin ngerasain dikampung juga mbak...:))...

Dapur Bia said...

Katanya keras...empuk kok..he.he.he...

Ike Hermawan said...

Teh, Bia...yaaa ga se empuk Dunkin ato sejenisnya gitu...:))
Mb Novi..bentar ya sy tulis dulu...:))

Mbah Koeng said...

waduh jd inget waktu kecil, habis makan muka tuh putih semua !!

Mira Assjarif said...

gapake cetakan aja bisa bagus gitu bentuknya.. Jagoan euy. :)

Shinta said...

yang begini nih yang bikin kangen. pas digigit, bibir jadi belepotan gulanya :D

Ike Hermawan said...

@Mbah Koeng, hahahah...bener yaa...nostalgia...:)
@Mir...traged donat tanpa cetakan...:D
@Shinta, noltalgia ya Teh...heheheh...

Anonymous said...

mba Ike, mo tanya itu ragi & garamnya berbarengan ya dmasukinnya? tks (mira)

Ike Hermawan said...

Maaf telat jawab ya Mir, klo garam dimasukkinnya biasanya terakhir....:)