All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Monday, September 7, 2009

Martabak Manis

Martabak Manis Terang Bulan, hmmmm...sungguh populer di tanah air, martabak Holland, martabak San Fransisco, naaah ini martabak Perth deh...heheheehhe.... maksa banget...entahlah mau terang bulan ato martabak manis, yang jelas rasanya manis2 aja...
Dapat resep dari Dian Priswa Maharani Puspa, :) tengkyuuu ya Di... udah sharing resep plus praktek lagi, dan sekarang aku praktekin lagi....lumayan...walo jauuuuuh dari sempurna....namanya juga usaha....:p

MARTABAK MANIS
Martabak Manis
Bahan:
500 gr self raising flour
2 sdm tapioka
175 gr gula pasir
2 btr telur ayam
1 sdt vanili
1/4 sdt garam
600 ml air

Cara Membuat :
1. Ayak tepung terigu, tapioca, tambahkan gula dan telur sambil diaduk.
2. Tuang air sedikit-sedikit sambil dimikser hingga lembut.
3. Diamkan adonan selama 1 jam, sebelum panggang taburi dengan baking soda.
4. Panaskan teflon pake api kecil, olesi mentega, tuang satu sendok sayur, ratakan ke pinggir, kayak tukang martabak loh...:) tutup, biar kan meletup2, beri taburan gula pasir, terus isi sesuai selera, tutup lagi, sampe matang, angkat dan segera lipat.

* Untuk isi sesuai selera bisa macam-macam, kacang, coklat, keju, dll.

Bahan II:
350 gr self raising flour
2 sdm tapioka
75 gr gula pasir
2 btr telur ayam
1 gr vanili
5 gr garam
450 ml air
25 gr susu bubuk
5 gr baking soda

** Saya seringnya pake resep II, klo ga ada susu bubuk, sy ganti dengan susu cair, jadi item air, ganti dengan 450 ml susu.

Source : Dian PMP :)

No comments: