All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Monday, June 3, 2019

Kerang Hijau Asam Manis


Ramadan - day 10 ~ .
.
MasyaAllah sudah hari ke 10 lagi...yukkk makin semangat beribadah Ramadan, makin semangat pula menyajikan variasi menu agar tetap semangat terus ga bosan menu itu saja...
.
Nah ini adalah Kerang Asam Manis saus Kacang, favorit suamiku, sekilas kayak bumbu sate Kerang ya...boleh sih klo dibikin sate, aku mah gini aja cukup...hihii...
.
.
Kerang Hijau Asam Manis Saus Kacang
By @pawonike_gallery 
Bahan : 
500 gr kerang hijau/mussels/remis/kerang dara, cuci bersih, tiriskan
2 sdm minyak goreng

Bumbu :
2 siung bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, cincang
1 sdm asam jawa
1 gandu kecil gula merah, iris-iris
2 sdm air
2 cm lengkuas
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 sdt garam

Sambal Kacang, haluskan :
5 sdm kacang tanah goreng
2 siung baw merah, kupas, goreng
2 sdn kecap manis
3 buah cabe merah 
1/2 sdn gula merah
1 sdt garam
2 sdt air 
1 lembar daun salam 
1 lembar daun jeruk
1 buah jeruk purut, sajian. 
Cara membuat :
1. Panaskan minyak, tumis baw merah &baw putih sampai harum, asam jawa dan gula merah aduk rata, beri air 2 sdm, tunggu mendidih, tambahkan lengkuas, daun salam, daun jeruk, kemudian masukkan kerang, aduk-aduk rata sambil diberi garam, aduk terus sampai matang kekuningan, dan air menyusut. Jangan ditinggalkan ya karena bisa hangus, jadi harus diaduk-aduk agar merata matangnya. Setelah matang, tutup wajan dan biarkan beberapa menit.
2. Untuk sambal kacang dihaluskan saja, kecuali daun salam, daun jeruk dan jeruk purut, dihaluskannya bisa dengan chopper, blender atau diulek, semua bahannya, setelah itu dimasak bersma daun salam dan daun jeruk sampai keluar minyak kacangnya. Bisa menggunakan bumbu pecel untuk praktisnya yaaa...
3. Penyajian, tata kerang yang sudah di masak tadi, siram dengan saus kacang. 
4. Selamat mencoba...
.
.
Resep diadaptasi dari buku Kalender Resep Sedap Santap Sebulan, by Ike & Wulan, yg berisi lebih dari 90 resep. .
.
Selamat menjalankan ibadah Ramadan. .
#alhamdulillah #ramadanday10 #masakanramadan #idemasak #foodstyling #foodphotography #reseppraktis #mussel #keranghijau #sauskacang #sambalkacang ##ikekhermawanphotoworks #pawonikeresep #pawonikephotoworks #ikewulan #cookintwo #homemade #dinner

Udang Mentega Peterseli


Ramadan, hari ke 6 ~ .
.
Ramadan adalah bulan penuh kebaikan dan berkah, karena apapun kebaikan yang kita lakukan akan berlipat-lipat pahalanya, InsyaAllah.
Untuk urusan memasak, kebanyakan ingin yang simpel-simpel tapi enak dan tentu bergizi, kan....
Coba deh yang ini....
.
.
Udang Mentega Peterseli
By @pawonike_gallery 
Bahan : 
500 gr Udang Pacet/Galah 
2 sdm mentega
5 sdm minyak zaitun
5 siung bawang putih, cincang kasar
1/4 sdt cabai merah bubuk
2 batang peterseli, cincang halus
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica 
Cara Membuat : - Cuci udang sampai bersih, buang kepala dan kulitnya, bila suka biarkan kepala dan kulitnya, sesuai selera.
- Panaskan mentega dan minyak zaitun, tumis bawang putih, cabai merah bubuk, gunakan api kecil, kurang lebih selama 4 menit sampai harum, - Masukkan udang, besarkan api, aduk rata, beri garam dan merica, masak udang sampai berubah warna dan matang. Matikan.
- Tambahkan peterseli cinacang, aduk rata. Angkat dan sajikan. .
.
Resep lengkap lain yang simpel ada di buku Kalender Resep SEDAP SANTAP SEBULAN 
By Ike K.Hermawan & Wulan Sucipto, atau kunjungi resep update kami di www.cookin2.com atau @cookintwo Terima kasih dan selamat berkreasi 😍😍
#udang #masakanramadan #idemasak #berbagiresep #ideberbukapuasa #ramadanday6 #cookin2 #cookintwo #ikewulan #resepmasakan #resepudang #pawonikephotoworks #ikekhermawanphotoworks

Ayam Woku Manado


Bismillah, sudah lama ga masak-masak yang trus motret, trus posting sambil nulis resep, inget jaman masih rajin baheula...
Kebetulan lagi pengen ayam yang pedas-pedas, inget Ayam Woku Menado, pagi-pagi jam 6 sudah langsung ke pangkalan sayur dekat rumah, takut ga dapat kemangi. Alhamdulillah dapat semua bahan total belanja ga lebih dari Lima Puluh Ribu, hehe... Yukk Masak Masakan Indonesia tercinta...selera Nusantara. .
.
AYAM WOKU MENADO
Modifikasi pawonike

1 ekor ayam, potong kecil-kecil, 
2 ikat daun kemangi 
5 lembar daun jeruk
1 lembar daun kunyit
4 lembar daun salam
2 batang serai
2 batang daun bawang, iris
1 buah tomat, potong kotak
1 sdt garam 
2 sdt gula pasir
2 sdm minyak goreng untuk menumis
500 ml air putih
Optional : 
1 genggam cabe rawit, untuk taburan, boleh lebih bila suka pedas

Bumbu Halus:
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah cabe merah, boleh lebih bila suka pedas
2 cm kunyit
1 cm jahe
3 buah kemiri 
Cara Membuat 
1. Panaskan wajan dan tuang minyak sayur, tumis bumbu halus dan aduk hingga rata.
2. Masukkan daun kunyit, daun jeruk, dan daun salam, serai, aduk sampai harum.
3. Masukkan ayam, aduk hingga ayam dan bumbu bercampur rata.
4. Tuang  air putih,  sesekali diaduk agar semua bumbunya larut.
5.  Ketika mulai mendidih, masukkan garam, gula pasir, dan Aduk hingga rata, biarkan meresap.
6. Koreksi rasanya, setelah air agak surut, setelah cocok rasa, masukkan potongan tomat, irisan daun bawang dan daun kemangi, aduk-aduk sampai rata. Matikan Api dan biarkan ayam diwajan beberapa saat agar makin meresap. 
7. Sajikan dengan nasi hangat. 
Salam hangat! 
@pawonike_gallery ig 



Semprit Cokelat Maizena


~ Ramadan Hari ke 23 ~ .
.
Semakin terasaaaa setiap taraweh merasakan sedih tak terkira...detik-detik menjelang...hayukkk semangat meraih pahala dan berkah di mulia ini di sisa-sisa Ramadan...;((
.
.
#ramadanday23 
Pic : Semprit Coklat Maizena, based on recipe by ibu @fatmahbahalwan modified by @pawonike_gallery Terima kasih ibu guruku 🙏😘
.
#kuelebaran #kuesemprit #kuesempritcoklat #kuesempritmaizena #idebikinkue #homemade #pawonike #pawonikephotoworks #ikekhermawanphotoworks
.
.
.
~ Semprit Cokelat Maizena ~

Bahan : *125 gr mentega *100 ml susu kental manis * 15 g gula halus
* 150 g maizena, * 25 g terigu, * 25 g coklat bubuk * Permen cokelat warna warni untuk hiasan 
Cara membuat :
1. Dalam sebuah mangkuk, campur mentega dan susu kental manis, aduk rata sampai tercampur.
2. Tambahkan maizena, tepung terigu, coklat bubuk, aduk hingga rata dengan spatula.
3. Panaskan oven 150 derajat C.
4. Masukkan adonan ke plastik segitiga, kemudian Spuit di atas loyang yang sudah dialasi baking paper, beri hiasan. 
5. Oven hingga matang

Sunday, April 14, 2019

Bakso Isi Cabe Gendot


Membuat Bakso sendiri? Bisaaaaa
Membuat Bakso tanpa mesin giling? Bisaaaaa
Membuat Bakso tanpa Food Processor? Bisaaaaa
Membuat Bakso isi Cabe Gendot?? Wuaaaahhhh coba deh!!


BAKSO isi Cabe Gendot
modified by Ike

Bahan :
- Daging Cincang (1kg), yang kualitas baik, (Premium beef mince)
- Lada 1sdt
- Kaldu ayam bubuk 1 sdt (optional)
- Bawang putih powder 1 sdt
- Bawang goreng 1-2 sdm
- gula putih 2 sdt
- garam 1 sdt
- air 250 ml
- 10 buah Cabe Gendot, biarkan utuh

Semua bahan diatas tempatkan pada Mangkok Besar, lalu remas-remas adonan (jangan lupa pake glove ya) sampai adonan tercampur rata.
kemudian, tambahkan lagi :
- Baking powder 1sdt
- 5 putih telur
- Tepung tapioka 10 sdm
Kemudian diaduk-aduk lagi, sampai benar-benar halus dan tercampur rata dan Kalis. 
Panaskan panci berisi air sampai mendidih. 
Lalu ambil 1 sdm adonan bakso, pipihkan di telapak tangan lalu beri cabe gendot, tutup lagi bulatkan dan rapikan rapikan bulatan bakso, kemudian rebus di air mendidih tadi, lakukan sampai adonan habis. 
Siapkan panci berisi air dingin.
Angkat Bakso Isi Cabe Gendot yang sudah matang terapung, kemudian tempatkan di panci yang berisi air dingin. Diamkan beberapa saat, sebelum ditiriskan.
Bakso Isi Cabe Gendot, siap disajikan dengan kuah favorit! 

Kuah Bakso :
1. Bwg pth goreng
2. Garam
3. Gula pasir
4. Batang seledri
5. Merica
6. Beef stock powder (kaldu sapi bubuk)
7. Tulang Sapi
 Untuk kuah, pertama-tama rebus tulang sapi nya dulu sampai mendidih, buang buihnya, kemudian beri bumbu-bumbu kuah tersebut, cicipi sesuai selera. 
Bakso siap disandingkan dengan kuah bakso atau mie, mie ayam, bakso kuah....apa pun....:)

Selamat mencoba....semoga cocok seperti saya....:D

Salam, 
@pawonike

Tuesday, December 15, 2015

Brownies Panggang Putih Telur



Ini resep hasil coba-coba, hasil perpaduan resep-resep yang ada di internet, disesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di pawonike. Karena beberapa teman bilang kalau pakai putih telur hasilnya agak keras daripada Brownies biasa, maka ditambahkan ini itu ini itu, agar tidak keras, hasilnya ternyata empuk dan legit!

Brownies Panggang Putih Telur
Modified by Pawonike

Bahan A :
350g putih telur
200g gula pasir

Bahan B :
200 g terigu
75 g Coklat bubuk
2 sdm maizena
100 gula pasir

Bahan C :
250 g Dark Cooking Chocolate
200 g mentega

100 g almond, iris-iris

Cara Membuat :

  1. Panaskan oven 150 derajat, siapkan loyangg 20x30cm , lapisi baking paper. Sisihkan.
  2. Bahan A : Kocok putih telur, masukkan perlahan-lahan gula pasir, kocok dengan speed tinggi sampai kaku.
  3. Bahan B : Aduk rata semua.
  4. Bahan C : masukkan dalam wadah, panaskan dengan microwave selama 1 menit, aduk rata. (Atau dilelehkan dalam wadah, diatas air panas, yang menyala kompornya)
  5. Masukkan bahan B ke dalam bahan C, aduk rata, kemudian masukkan ke dalam bahan A, aduk dengan menggunakan spatula sampai tercampur rata dan kalis.
  6. Tuangkan dalam loyang, taburi almond, panggang selama 30 menit.
  7. Angkat, dinginkan, siap disajikan.