All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Friday, July 17, 2020

Nasi Ayam Hainan Rice Cooker



Pagi....
Masak apa hari ini ibu-ibu? Di Indonesia sudah kembali sekolah, dan anak-anak sudah kembali ke Laptopnya masing-masing, alias masih Online Class sampai Desember 2020. Online Class ini kerja keras 3 faktor penting, guru/sekolah, murid, dan orangtua. Alhamdulillah, anak-anak karena sudah besar, tak begitu banyak kendala, sudah dengan sendiri bisa mengatur diri. Ibu hanya menyuplai gizi mereka agar mereka tetap semangat belajar. Biar makin semangat adalah  masak makanan kesukaan mereka. Salah satunya ini, Nasi Ayam Hainan. Salah satu yang the best adalah pas makan di Madam Kwang Malaysia, enak banget.... Kalau resep ini adalah resep ala-ala saya, hasil kiat-liat dunia maya, dan dimodifikasi sesuai sikon ;)) kalau salah atau kurang dalam Masaknya ya begitulah adanya...

Nasi Ayam Hainan Rice Cooker

Bahan : 
1 ekor ayam, potong 5 bagian
3 batang daun bawang, potong 4 cm
2 ½ cm jahe, memarkan
7 siung bawang putih, memarkan
2 sdt kecap ikan
1 sdt garam atau sesuai selera 
4 liter air 

Bahan Nasi :
225 g beras
25 g beras ketan
2 sdm minyak goreng
2 sdt minyak wijen
3 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt jahe halus
400 ml kaldu
1 sdt garam
2 lembar daun pandan, potong-potong

Pelengkap : 
sambal cabe rawit iris
kecap asin
Caisim 
Timun
Tomat

Cara Membuat : 
Didihkan air dalam panci. 
Rebus  ayam bersama daun bawang, jahe, bawang putih, garam dan air, masak dengan api sedang hingga mendidih. Kecilkan api, beri kecap ikan, masak selama 30 menit, angkat, tiriskan. Saring air kaldunya. 
Panaskan minyak goreng dan minyak wijen, dalam pan rice cooker yang yang di setting ON, tumis bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan beras dan daun pandan
Aduk hingga tercampur rata, tambahkan kaldu, dan garam. Tutup rice cooker dan masak sampai matang. 
Setelah nasi masak, siap disajikan. 
Nah, praktis kan, lumayan lah, meski saya baca-baca banyak yang cukup ribet juga bikinnya. 
Selamat mencoba...
.
#pawonikephotoworks #pawonikegallery #ikekhermawanphotoworks #berbagiresep #berbagiide #makansiang #masakapa #nasiayamhainanricecooker

Pho Bo Mie kuah Vietnam ala Pawonike



Hai Mom’s....Bikin yang seger-seger yukkk...Lama sekali nunggu mood pengen bisa bikin kuahnya sendiri, baca-baca referensi, ternyata ada rahasia khusus. Basic resep ada di sini https://www.vietworldkitchen.com/blog/2008/10/pho-beef-noodle-soup.html: 
.
.
Mie Kuah ala Vietnam (Pho Bo ala Rumahan) 
Bahan : 
500 gr daging sapi, (Bisa pake beef slices yang udah ready ya) 
100 gram beef bone/beef soup, tulang sapi untuk buat sup
Secukupnya Air
1/2 buah bawang bombay
1/2 sdm Garam

Bumbu yang di sangrai : 
1 buah bawang bombay, belah dua
2 ruas jari Jahe, iris tipis
1 batang Kayu manis 
4 buah Star anise (bunga Lawang)
3 buah Cardamom 
1 sdt ketumbar bubuk, 

Bahan lain :
Garam dan gula secukupnya 
4 sdm Kecap ikan 
250gr Kwetiau, fresh, (bagusnya yg fresh ya jangan yang kering) 
200gr Toge, fresh, bisa seduh air panas sebentar, tiriskan
1 batang Daun bawang, iris serong
Daun basil/kemangi/daun ketumbar, secukupnya 
1 buah Jeruk nipis/lemon

Cara membuat : 
Rebus daging dan tulangan dg secukupnya air. Ketika mendidih pertama buang air rebusan dan bersihkan daging. Beri air lagi dan rebus lg semua bahan kaldu sampai daging hampir empuk. Jangan lupa buang busanya ya ketika proses merebus. Setelah daging setengah matang, angkat dagingnya saja. Dan air kaldu kini sudah siap. 
Siapkan bumbu-bumbu yang akan disangrai, sangrai sampai harum. 
Panaskan air kaldu daging, beri air panas bila kurang airnya, kurang lebih untuk kaldu 2-3 liter. Masukkan semua bumbu-bumbu yang sudah disangrai dan biarkan mendidih. Masukkan daging, dan Beri garam, kecap ikan, tambahkan gula bila perlu, aduk rata dan masak dengan api sedang kecil sampai bumbu meresap. Angkat daging yang sudah meresap bumbu dan sisihkan, tujuannya agar daging tak hancur saat pemanasan kuah. Ada juga yang menambahkan bumbu teriyaki, setelah daging dipisahkan dari kaldu, biar lebih gurih. 
Dalam sebuah mangkuk, tata kwetiau, toge, dan irisan daging, siram kuah kaldu mendidih. Taburi rawit, daun bawang dan daun basil. Kucuri air jeruk nipis. Siap disajikan. 
Seger deh...tersaji Pho Bo ala rumahan ...

Kacang Bawang



.
Satu lagi menu khas lebaran ya, yaitu Kacang Bawang. Kacang Renyah, gurih, wangi bawang putih dan kletusan bawang putih gurih diantara kacang-kacangnya. Bikin yuk, mudah ko...kali ini resepnya yang pakai santan, biar gurih, bisa juga di skip santannya...
.
.
Kacang Bawang ala pawonike
Bahan : 
1 kg kacang tanah kupas, klo aku seneng yang gede-gede kacangnya
7 siung bawang putih, haluskan
120ml santan instant
2 sdt garam, atau sesuai selera
6 lembar daun jeruk, iris 
3 lt air untuk merebus kacang
2 lt minyak goreng 
Tambahan :
Irisan bawang putih goreng siap pakai

Cara membuat : 
Didihkan air dalam panci, masukkan bawang putih bubuk, biarkan mendidih, kemudian masukkan santan dan garam, aduk-aduk agar santan tidak pecah, selanjutnya masukkan kacangnya, sesekali diaduk, rebus kurang lebih 5-7 menit, sampai kacang nampak mekar. 
Matikan api, diamkan sebentar kira-kira 2-3 menit. Setelah itu tiriskan/saring kacang. Sisihkan.
Siapkan wajan diatas kompor dan tuang minyak goreng, biarkan panas. Goreng kacang ini harus terendam ya...jadi bisa dikira-kira seperberapa si kacang bisa terendam. 
Lalu setelah minyak panas, tuang kacang perlahan...aduk rata, dan biarkan berproses matang. Aduk sesekali biar rata matangnya. Hati-hati pas sudah kekuningan...terus diaduk-aduk, kacang siap diangkat saat terdengar bunyi-bunyi  kacang (hmmm gimana ya bahasanya 😃) jadi pas buih minyak sudah berkurang, hati-hati ini harus terus diaduk, dan angkat saat kacang kekuning-Kuningan. Kacang akan tetap berproses menjadi coklat walau sudah diangkat dari penggorengan. Taruh kacang yang baru diangkat tadi di paper towel (tissue dapur) agar minyak terserap sempurna, taburkan irisan daun jeruk, aduk rata. Setelah agak dingin baru taburkan irisan bawang putih goreng. 
Setelah dingin, baru simpan di wadah rapat. 
Jadi deh Lebaran....😍

Kentang Ongklok



Kentang Ongklok. Ada yang sudah tahu atau ada yang baru tahu nih... Konon ini adalah makanan khas Indonesia loh... Apa pun itu, ini bisa jadi alternatif sarapan loh...atau bisa banget sebagai pendamping makan steak, selain Mashed  Potato atau French Fries. Bikinnya gampang banget... dijamin anak-anak pasti suka deh apalagi kalo ditaburi keju parmesan...yukkk ini resepnya...
.
.
Kentang Ongklok
Bahan : 
6 buah kentang, rebus atau kukus sampai matang, tiriskan 
1 sdm mentega 
3 siung bawang putih, haluskan
1 batang seledri, iris tipis
1 batang daun bawang , iris tipis 
1 sdt olive Oil 
Garam untuk perasa, sedikit saja, atau sesuai selera
2 sdm  keju parmesan bubuk (parut) 
Cara membuat : 
1. Kentang yang sudah direbus, kupas dan belah dua, sisihkan
2. Tumis bawang putih dengan mentega sampai harum saja, sisihkan
3. Dalam sebuah panci agak besar, masukkan tumisan bumbu berikut minyak menteganya, garam, seledri dan bawang daun. Masukkan kentangnya, aduk-aduk pakai spatula kayu sampai merata semua, beri olive Oil dan taburi parmesan, aduk rata. 
4. Siap disajikan. Pas penyajian bisa tambahkan keju parut dan seledri lagi...
Selamat mencoba...
*bawang putih bisa ganti dengan bawang putih bubuk ya...bisa juga ditambahin merica bubuk, atau cabe bubuk bagi penyuka pedas...

Semur Daging Kentang Telur



Masakan jadoel alias jaman doeloe ini tetap menjadi favorit, begitu pun di keluarga kami, setiap keluarga pasti punya resep masing-masing ya untuk Masakan Semur ini dengan berbagai variasi isian masakannya, dan ini lah resep keluarga saya.
.
.
Semur Daging Kentang Telur
.
.
Bahan:
1/2 kg daging sapi, rebus sampai empuk dan iris kotak memanjang,
5 butir telur, rebus dan kupas kulitnya
3 buah kentang, potong dadu besar, goreng hingga matang
5 sdm kecap
secukupnya Garam, 
65 ml santan plus air 500ml (kalau air rebusan masih ada bisa dipakai ya) 
Minyak untuk menumis
2 lembar salam 
1 batang serai, geprek
3 iris Laos 
1/8 sdt pala bubuk 
1 gandu gula merah 
1/8 sdt merica

Bumbu halus:
2 butir kemiri
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1/2 sdm ketumbar bubuk
1 buah tomat
Bumbu halus dihaluskan semua

Cara membuat : 
Tumis bumbu halus hingga wangi, beri salam Sereh dan Laos, gula merah, air rebusan daging, tunggu sampai mendidih masukkan daging dan telur , beri air, kecilkan api biar kan mendidih dan bumbu meresap.
Masukkan kentang dan santan, kecap, garam, merica, pala, aduk rata dan biarkan mendidih dan matang.
Selamat mencoba...

Simple Chicken Teriyaki



Makan siang sama apa hari ini....? Hayulah yang simpel aja....tinggal perpaduan bumbu-bumbu yang sudah ada. .
.
Simple Chicken Teriyaki .
.
Bahan :
1 buah fillet dada ayam, cuci bersih, potong sesuai selera ya, lumuri dengan 1 sdm air lemon, biarkan sebentar dan bilas kembali, sisihkan
1/2 buah bawang bombay 
3 siung bawang putih, iris-iris 
2 sdm saus teriyaki siap pakai 
1 sdm kecap manis 
1/8 sdt merica bubuk
1/4 sdt garam 
100 ml air putih
(Boleh pake gula pasir tapi aku ngga krn manisnya sudah dapat dari kecap) 
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat : 
Tumis bawang putih dan bawang Bombay sampai harum, masukkan ayam, aduk-aduk, biar kan set setengah matang, beri air biarkan menyusut airnya, 
Tambahkan saus teriyaki, kecap, aduk sampai berubah warna dan matang, beri garam dan merica, aduk, cicipi rasanya. 
Matikan kompor, setelah matang. 
Sajikan dengan nasi hangat.
.