All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Saturday, October 23, 2010

Cheese Klappertaart


Cheese Klappertaart, mohon maaf kalo kurang berkenan ya...maklum saya bukan orang Manado atau Belanda, yang punya resep Klapertaart ini...:D Mohon maaf, :) Baru tahu saya, kalo Klappertaart bisa macam-macam rasa, ada rasa durian juga cheese ini....sekarang saya coba yang cheese...
Resep hasil bisikan dari Mb Rachmah Setyawati dan Mira Assjarif yang menunjukkan resep ini Gata's World, akhirnya aku coba deh....sementara aku sendiri pernah coba dulu pake resep Wilton itu loh....:D Dulu saya pernah membuatnya disini jadi resepnya saya combine aja....:)

Ini dia resepnya, yang saya pakai....

Cheese Klappertaart

Bahan A:
1000 ml susu segar
200 gr gula
1 sdt vanili essence
1/2 sdt garam
100 ml fresh Cream
250 Cream Cheese

Bahan B :
200 ml susu segar
100 gr Maizena (atau 50 gr maizena, 50 gr tepung terigu)
100 gr tepung custard
Aduk bahan B, dalam sebuah wadah, sampai tercampur.

Bahan C:
200 gr butter, lelehkan

Bahan D :
10 btr kuning telur , kocok sampai tercampur rata saja

Bahan E :
2 kaleng Kelapa Muda @ 250 gr , tiriskan, (klo di Indonesia bisa pakai kelapa muda segar,
Sultana, raisin, almond, extra keju, untuk extra filling

Bahan F (Topping) :
Sisa putih telur
1 sdt cream of tar tar
100 gr gua caster
1/2 sdt vanili essence
25 gr maizena (bisa pake ganti terigu 2 sdm)
Semua dikocok dengan kecepatan tinggi sampai kaku


Bahan G (Tabur) :
1 sdt kayu manis bubuk
1 sdm coklat bubuk,
extra almond, sultana, raisin


Cara membuat :
1. Tempatkan bahan A, dalam sebuah panci, kecuali susu, aduk rata, dan didihkan, aduk terus, bila terasa hangat, masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk terus sampai sedikit mendidihkan, kecilkan api.
2. Masukkan bahan B, aduk terus pelan-pelan, sampai mengental, dan berasap, matikan. Segera angkat.
3. Masukkan bahan C, aduk lagi sampai rata, kemudian Bahan D, aduk cepat, memakai whisk searah jarum jam. Aduk sampai rata dan tercampur betul.
4. Masukkan adonan dalam loyang sebagian, taburi Bahan E, dengan kelapa muda, kismis dan 60gr parutan keju, tutup lagi dengan adonan, kelapa muda, kismis dan sedikit adonan sisa,
5. Oven dengan suhu 160 derajat C selama lebih kurang 30-40 menit, aku pake cara panggang Au bain marrie, loyang adonan direndam dalam loyang berisi air.
6. Pas 3/4 matang, keluarkan, dan beri adonan F, atasnya kasih topping, taburi lagi dengan bahan G,
7. Oven kembali pakai api atas sampai agakkuning kecoklatan. kira-kira 10-15 menit.
8. Sajikan dingin....



Source : Mba Rachmah, Mira, dan Mb Gita :) thanks For sharing...:)

1 comment:

klappertaart153 said...

kliahatannya enak bener ya....