All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Friday, October 22, 2010

Ayam Kremes

Akhirnyaaaa....jadi deh si kremes buat ayam ini...he he....dulu pernah gagal, kremesnya ga kres2, lembek, mirip peyek lembek lagi...sekarang ngga lagi deh, ketemu utak-atik resep yang pas.... Duh, anak-anak suka banget, ga lagi deh minta ayam kremes di Cafe Bintang, (salah satu restaurant Indonesia di Perth) :D mama dah bisa Dek! anak2 seneng banget....:D
Yuk, yang mau resep silakan ya....tapi ini bumbu ala akrobat, ga pake ngulek, abisnya males banget ngulek, dah banyak kerjaan, tambah lagi ngulek :( he he.....jangan ditiru bagi yang pengen perfect mah...:D Terima kasih ya Yunita Amaliawati - malang, yang udah share tips2nya...:D berguna banget...

AYAM KREMES
modified by Ike

Bahan :
1 ekor ayam, potong menjadi 8 atau 10, terserah deh...:D, cuci bersih, beri air lemon, diamkan sebentar, cuci lagi,
Bumbu Ayam, seperti biasa bumbu Ayam ungkep aja...:
1 sdt kunyit halus
1/2 - 1 sdt ketumbar halus
3 siung bawang putih halus
1/2 sdt garam halus
4 buah bawang merah, halus
---- > Lumuri ayam dengan semua bumbu halus tadi, tempatkan dalam wajan cekung, beri air putih 1-2 gelas, lalu, tambahkan ;
2 buah salam
1 buah serai, geprak dulu
6 buah daun jeruk
-----> ungkep ayam, sampai air susut,

Bahan bumbu kremes :
1/4 sdt kunyit halus
1/8 sdt ketumbar halus
1 sdt bawang putih halus
1/4 sdt garam halus
100 cc santan kental
150 cc air putih
-----> semua diaduk, sampai tercampur rata, kemudian, beri :
5 sdm  muncung tepung beras
2 sdt tapioca, aku pake sagu tani
-----> semua diaduk lagi, jangan sampai bergerindil, harus halus, dan adonan ini encer, bila terasa kental, beri air lagi, karena klo kental, ntar butir2 kremesnya ga jadi deh...:)

Cara Membuat :
Ayam yang telah diungkep, bisa digoreng, kalau aku biasanya dipanggang (pake oven - fan grill - jadi pintu ovennya harus terbuka) panggang kurang lebih 15 menit-an sampai terlihat kuning kecoklatan.
Untuk bumbu kremes ;
Siapkan wajan, aku beri minyak agak banyak, panaskan, bila sudah terasa panas, sendokkan adonan kremes, posisi mengucurkan adonan harus vertikal, diatas minyak, kira-kira 20-25 cm, curahkan, jangan ragu-ragu, emang minyaknya sedikit muncrat, tapi klo posisi kita benar, kita ga kan terciprat ko...:) lalu ntar adonannya gemericik menyebar, biarkan beberapa saat, nanti terlihat gerindil2 kremesnya, bila ada yang menyatu tak bergerindil, segeralah aduk, tapi jangan terlalu diaduk, ntar malah lengket, setelah agak mengering, kepinggirkan wajan gerindil2 kremes itu, setelah kuning kecoklatan, segera angkat. Lalukan sampai adonan habis.
Tata ayam bersama kremes, siap deh disantap....
duuuuuhhh senangnyaaaa....:D memang rada tricky, tapi pasti bisa ko, kuncinya dari mengucurkan adonan ke minyak....klo jaraknya dekat, yang ada malah kayak peyek....:)
Selamat mencoba....:)

Inspirasi  Yunita Amaliawati - Malang

No comments: