All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Wednesday, December 31, 2008

Sate Padang


Akhirnya...kesampaian juga membuat sate padang. Berawal dari ngiler lihat postingan teman-teman MP di tanah air, yang berwisata kuliner makan sate padang di pinggir jalan atau resto...duh...mengkhawatirkan imanku yang pengen segera mencicipi sate padang...*deuh...*
Masalahnya aku suka banget masakan padang, mulai dari ayam pop, gulai kepala ikan, terung balado, rendang, sambel lado ijo, sampai sate padang ini, suka banget yang pedes-pedes menggoda iman, hal ini kebalikanku dengan selera suami yang sama sekali tidak suka, beliau nyunda banget alias teuteup pecinta sejati masakan sunda...he he... Kalau aku..bubur manado pun santap, ha ha ha...dasar tukang makan...makanya begitu di asingkan ke Perth...wuaaaaahhhh menderita banget...hikkssss ga ada jajanan! he he he...usaha jungkir balik deh bikin sendiri...yang penting enak...dan bisa bikin...asal niatnya segede gunung... tidak ada lidah sapi daging (asal berlemak) pun jadi...Naahhhh....yuuukss ah nyate padang dulu, sama lontong pastinya...:))

O, iya...resepnya dapet dari tetehku Ina di wollongong , nuhun nya teh...udah cantik teh pinter masak lagi Teh Ina mah...komplit. Resep aslinya ada di dapur blogspot teh Ina

Ingredients:
250 gr daging sapi berlemak, rebus, potong dadu (500 gr daging sapi berlemak - ike)
1 buah lidah sapi, rebus matang, bersihkan, potong dadu (tidak pakai - ike)
4 batang serai, memarkan (2 batang serai - ike)
1 lembar daun kunyit, potong menjadi 3 bagian (kagak pake)
6 lembar daun jeruk purut
100 gr tepung beras, larutkan dengan sedikit air
1 sdm tepung kanji, larutkan dengan sedikit air
600 ml air (tidak pakai, saya langsung masukkan bumbu ke dalam rebusan daging - ike)

Bumbu Halus :
15 siung bawang merah (1 buah red onion besar - ike)
6 siung bawang putih
10 buah cabai merah besar (5 buah cabe merah - ike)
2 buah cabai rawit (tidak pakai - ike)
1 sdm ketumbar, sangrai (2 sdt ketumbar bubuk - ike)
1 sdt jintan, sangrai (tidak pakai - ike)
5 cm kunyit (2 sdt kunyit bubuk - ike)
4 cm jahe
2 cm lengkuas
garam dan merica secukupnya

Tambahan :
Ketupat/lontong (ketupat nasi Adabi - ike)

Directions:
- Rebus daging sampai hilang buihnya, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, daun kunyit, serai dan daun jeruk, masak hingga bumbu tercampur rata dan daging empuk . Angkat daging, tiriskan, potong dadu.
- Tusukkan kedalam tusukkan sate, panggang.
- Sementara kuah masih panas mendidih masukkan tepung beras dan tepung kanji yang dilarutkan terlebih dulu dengan sedikit air, aduk cepat biar tidak menggumpal, biarkan sesaat mendidih, matikan api.
- Sajikan sate dengan ketupat ditambah kuahnya serta ditaburi bawang goreng.

Photobucket


*Sumber resep : Ina Wollongong
Foto & modifikasi resep by Ike

2 comments:

Mira Assjarif said...

jagoaaaan... bisa bikin sate padang. ck ck ck.. M

ira doyan tapi jangan pake Lidah. Pas lagi hamil Rifa, gak sengaja makan sate padang yang ada lidahnya. Langsung utah uger dan puasa makan sate padang sampe 2 tahun! Wahahahahah...

Ike Hermawan said...

waaah tak suka lidah kau...he hehe...memang lidah tidak bertulang rasanya aneh...tp sate padang tanpa lidah, kayak sate sapi...hihihihi....