Kitchen - Traveling - Education


All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Friday, February 27, 2009

Ayam bakar Kunyit



Kalau yang namanya ayam bumbu kuning...mau dibakar atau digoreng bagiku tetap favorit, enaaaksss, apalagi klo dimakan sama nasi pulen, sambal terasi duuhhh...mantapp..ngalimed nikmeh...he he nikmat gituuuu...

Nah, klo yang ini agak special, menurutku...karena pakai terasi dalam bumbunya dan sedikit asam, di resep pake cabe merah halus, tapi aku ga pake karna anak2 ga doyan pedes... Bumbunya semua saya pake bentuk powder, alias bubuk, karna lagi ga tersedia bumbu segar. Disini klo beli bumbu segar, harus langsung dimasukin ke freezer, karna bumbu segar ini jarang ada, dan ga tiap kali kita ke supermarket, jadi harus punya stock, ga seperti di tanah ar, tukang sayur lewat tiap hari... Jadi proses bikinnya cepet banget, maklum ga ngulek. Tapi hasilnya anak-anak sukyaaaa...Aldy sampe abis 3 sayap...dooooohhh...senang donk...:)

Bahan :
1/2 kg ayam, bagian apa saja, kali ini pake sayap,
1 cm lengkuas ....1 sdm lengkuas powder..ike
2 lembar daun salam
2 batang serai
500 ml air
1 sdt asam pasta
2 buah cabe merah...ga pake..ike
3 cm kunyit...3/4 sdm kunyit powder....ike
1/2 sdt terasi
3 butir baw merah, cincang
2 siung baw putih...11/2 sdt bawang putih powder...ike
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara membuat :
Untuk bumbu semua diulek halus, karena saya pake bumbu bubuk, jadi tinggal aduk aja ke dalam ayam yang sudah dicuci bersih. Panaskan panci kecil, beri 2 sdm minyak, tumis bawang merah sampe harum,masukkan ayam yang sudah dilumuri bumbu-bumbu, aduk rata, beri air, tambahkan salam, sereh dan air asam, aduk rata, pakai api kecil, biarkan bumbu menyerap dan air tinggal sedikit.
Siapkan teflon tebal, (panggangan klo ada) olesi minyak dikit, bakar ayam, bolak balik selama kurang lebih 10 menit, sampai agak kecoklatan merata. Siap dihidangkan dengan sambal dan lalapan favorit....

Source : Sedap Sekedap jadul

2 comments:

Mira G. Lestari said...

ah pucuk dicinta ulam pun tiba. Hari ini ngahuleng bingung beli ayam di tukang sayur mau dibikin apa. Baiklah.. Mari kita bikin seperti di Pawon Ike.

Nuhuuuuuun... :)

Ike Hermawan said...

ahh sok kitu...he he...
pengen bikin ayam pop kudu pake cai kalapa nya...*teu aya didieu mah...:((