Kitchen - Traveling - Education


All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Wednesday, September 23, 2009

Cheese Stick

Cheese Stick ini renyaaaaah banget! Beberapa kali bikin ciztik, ini yang berhasil, hehehehhe....sebelumnya klo pas goreng minyaknya berbusa, tapi berkat kenal dengan Bunda Estrelita di Abu Dhabi, http://estherlita.multiply.com/recipes/item/654 ,hilang sudah rasa kepenasaran, resepnya okeee bangetttttt.....
kresh....kressshhhh.....dua toples rasanya tidak cukup....:D :D

Resep asli dari http://estherlita.multiply.com/recipes/item/654 , dengan modifikasi pribadi sana sini...;)

Bahan :

600 gr tepung terigu (pake plain flour...ike)
150 gr tepung kanji
300 gr keju cheddar parut
1 sdt garam (optional, tergantung keju yang dipakai, klo edam kan asin, klo gouda engga, klo cheddar aja, berarti harus tambah garam....ike)
100 gr keju edam/gouda (ga pake...ike)
100 cc putih telur (kurang lebih 3 putih telur....ike)
100 cc air putih
100 gr mentega, cairkan, tapi tidak terlalu cair ya...hangat2 gitu...(115 gr mentega....ike)
2 sdm bawang putih powder, (bisa di skip kalo pengen ngeju banget gitu..ike)
1 bungkus kaldu bubuk (ga pake...ike)

Cara membuat :
1. Campurkan putih telur, metega leleh, aduk2 rata, masukkan terigu dan tepung kanji, garam, keju, aduk-aduk. Dalam hal ini bisa pakai mesin atau pakai tangan :)
2. Beri air, sedikit-sedikit dulu, sampai kalis, dan bisa dipulung.
3. Giling, dan dan cetak dengan gilingan kwetau.
4. Panaskan minyak banyak dalam wajan cekung.
5. Goreng, dan sesekali diaduk,
6. Lihatlah, tidak berbusa....:)
7. Renyahnya dari butter...;)
8. Dinginkan
9. Dan saya taburi parmesan di ciztiknya...fuiiiiiihhhh mantep deeeehhh....

*Noted : terlihat seperti bintik2, kata Bunda Esther sih, kurang giling, atau cheddarnya parutannya kegedean, abis, pake cheddar parut siap pakai jadi gede2 parutannya :)
makasih ya Bunda...:) cocok deh...
Dan waktu mengaduk, dirasa2 kurang butter, jadi saya tambahin dikit2 pas menggiling, mungkin kira-kira butter jadi 115 gr, karena ini terjadi waktu menggiling di cetakan, si adonan nampak kering retak-retak, mungkin ini tergantung dari kelembaban terigu...:) mungkin....:)

Source : http://estherlita.multiply.com/recipes/item/654

7 comments:

Mira G. Lestari said...

taaah kitu atuuh.. oh itu yang bintik-bintik tuh parmesan. Gileee... Double Cheese Stick atuh nya. Sip Teh nuhun nyaa..

Ike Hermawan said...

hehehhe....namanya juga kadang suka melenceng dari resep asli...^^..
tapi enaaaaaaaaakkkkk pisaaaannnn....

makanbersama said...

Assalamualaikum Mbak Ike.. salam kenal.. saya Vivi, mau ijin lihat dan pakai resepnya .. boleh? mudah2an boleh :)

Anonymous said...

Sore mbak ike, ak ijin copas resep y. Tp ak penasaran plain flour tu apa y? Merk ap? Maklum ak pemula.

ummyahya.yaseen said...

Salam mbak Ike, udah lama ngikutin blognya yg keren ini, salam kenal, baru punya blog niy:) btw kemaren saya bikin cheese stick ini, beneran renyah, dan gak berbusa...thanks yah mbak

aulialusy said...

Salam kenal mbak Ike....aku lagi cari resep stik keju yang renyah kebetulan digoogle aku nemu webnya mbak, jadi aku intip deh blognya....ijin ya mbak aku mau nyobain resep cheese sticknya dirumah....thanks yaah

aulialusy said...

Salam kenal Mbak Ike....aku lagi nyari resep ,stik keju kebetulan aku nemu blognya mbak Ike di google, jadi aku intip deh...ijin pakai resepnya buat dicoba dirumah, thanks yaaa