All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Tuesday, February 10, 2009

Risoles

risoles_ike

Saya agak jarang membuat rissoles, karenaaaaaa...pembuatan kulitnya yang ngeselin dan memerlukan kesabaran, bikinnya lamaaaaa...habisnya sekejap! Nahhhh itu yang bikin males...tapi karena my hubby senang sekali ngemil yang asin-asin dan seleranya yang endonesah...ho ho...emang rissoles dari endonesah...? ada yang bilang dari Belanda... Ah, dari manapun yang penting ini camilan memang enakkkkk....

Bahan :
Untuk kulit ; 200 gr terigu, 3 butir telur, 1/2 liter susu segar, garam sedikit,
Tahap pembuatan ; kocok telur, masukkan terigu sedikit demi sedikit, aduk dengan kocokan telur, kemudian campurkan susu, dan garam, aduk rata sampai kalis,
siapkan teflon ukuran sedang, sapukan dengan kuas butter, ambil satu sendok sayur, ratakan dengan menggoyangkan adonan, jangan lupa pake api kecil, bila pinggiran telah kering, siap diangkat, lakukan sampai adonan habis, penggunaan butter sampai kira2 si adonan jangan sampai nempel banget.

Untuk isi ; daging potong kotak, (bisa variasi bisa crab stik seperti contoh rissoles di atas, bisa beef, atau ayam, bahkan udang atau fillet ikan, semua bisa dikombinasi), wortel, buncis, bawang bombay, semua potong kotak kecil.
bumbu untuk isian : bawang putih cincang, garam, kecap ikan, merica, gula pasir, susu cair 200 cc, terigu sebagai pengental.
Semua bahan isi ditumis, bawang bombay ditumis, masukan bawang putih, kemudian dagingnya beri kecap ikan, aduk, masukkan sayuran, aduk rata, beri bumbu-bumbu, cicipi, masukkan susu aduk, sampai mendidih, baru terigu yang sebelumnya dicairkan dulu dengan sedikit air, kecilkan api aduk sampai tak berair alias kental. Dinginkan

Tahap penggulungan : siapkan tepung panir, dan 2 butir putih telur dalam wadah yang berbeda.
Siapkan kulit rissoles, beri satu sdm isian, tutup seperti melipat amplop, jangan lupa setiap sisi rekatkan satu sama lain, gulung, terakhir rekatkan ujungnya dengan putih telur. Celupakan ke dalam putih telur, kemudian tepung panir. Goreng dalam minyak panas dengan api besar, gorengnya sebentar saja, asal permukaan coklat. Hindari dengan api kecil, karena ini akan mengakibatkan rissoles pecah, karena menyerap minyak.
Untuk menghindari panir yang gosong melekat, diperlukan dua teflon, satu untuk menuangkan minyak bekas menggoreng, sementara satunya lagi membersihkan tepung panir yang tertinggal di teflon, ini untuk menghindari gosongnya panir, nanti melekatnya tidak cantik.
Selamat mencoba...:)

Source : resep Calia Bulkis tips menggoreng Christine Hernady, thanks my friend...:)

2 comments:

Dapur Bia said...

Ari ngadamelmah males..hoyong di kintun ku Ike we ach...!

Ike Hermawan said...

sok atuh lah kinteun ka sydney..siyaaaaaaapppp...he he