All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Wednesday, April 29, 2009

Soto Banjar


Pertama kali membuat Soto Banjar, berdasar resep dari Yasa Boga , lumayan deh..meski ga mirip aslinya mungkin hehe....

Ingredients:
Kuah Soto :
500 gr dada ayam
2 lt air
250 cc susu cair
1/4 sdt pala bubuk
10 cm kayu manis
2 butir cengkih
garam

Bumbu yang dihaluskan u/ kuah soto :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt merica bulat
minyak goreng


Directions:
Rebus ayam hingga lunak, angkat ambil dagingnya, potong dadu, sisihkan. Sisakan air perebus 1 3/4 lt.
Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, masukkan bersama pala, cengkih dan kayu manis ke dalam kuah ayam, didihkan. Tambahkan susu cair, aduk rata supaya tidak pecah. Bubuhkan garam dan penyedap bila perlu.

Bahan pelengkap :
Lontong beras, siap rebus,
Beberapa buah perkedel kentang
100 gr soun rendam air panas hingga lunak, tiriskan
6 butir telur rebus, potong 4,
bawang merah goreng
daun bawang iris,
daun seledri iris,
kecap manis/asin (skip, rasanya ga cocok bagi saya pake kecap manis, hehe..)
jeruk nipis, (skip, tidak ada persediaan)
sambal rawit (pake yg instant)

*Perkedel Kentang :
Bahan :
500 gr kentang, kupas
1 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
1 sdm bawang merah goreng, haluskan
1/4 sdt merica halus
1/8 sdt pala halus
1/2 batang seledri, iris
garam
minyak goreng

Cara membuat :
Goreng kentang hingga matang, segera haluskan.
Campur dengan kuning telur, bawang goreng, merica pala garam, daun seledri, bulat2an agak pipih, gulingkan pada puith telur, goreng hingga matang kecokelatran.

Penyajian :
Susun, lontong, soun, taburi ayam dadu, siram kuah, beri perkedel, telur, taburi bawang goreng, dan daun bawang, siap disantap....
Nah..mirip ga sih sama aslinya....? hehe...maaf ya bag orang Banjar, mohon kritiknya, saya hanya mengikuti petunjuk dari yang punya Resep...:)

Source : Yasa Boga Menu Pesta - Gramedia
Photo by : Ike Hermawan

2 comments:

Mira Assjarif said...

wiiih nampak syedaaaap... pake susu yah? pasti gurih tenaaan...

Ike Hermawan said...

iya Mir, pake susunya dikit aja....enak , segerrr...klo bosan soto ayam lah....:)