All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Monday, January 9, 2012

Paria Kambu (masakan Sulawesi)

 Saya bukan penggemar paria alias pare, tapi suka makan, khusus bila si paria di campur teri, yang paling sering saya bikin untuk pare ini adalah Tumis pare sama teri, bisa teri kecil2 (medan) atau teri besar (jengki). Nah, kali ini saya mencoba resep dari sahabat maya di Soroako yang asli Makasar, Hesti yang memasak,  Paria Kambu , asli bikin ngiler, pengen masak pare dengan sesuatu yang berbeda...Akhirnyaaa....jadilah, nguprek-nguprek di dapur....

Sedikit berbeda dengan resep Hesti, karena sy memakai teri besar, kebetulan ini yang ada, he he...maaf ya kalo saya modifikasi dengan bahan yang ada, hihihi.....mohon maaf..., tapi rasanya wuiiihhh...enaaaakkk bangetttt! dan ga phit loh!....trust me....:D

Ini resepnya....:

Paria Kambu (filling ikan dan teri)
source : Hesti
modified by Ike

Bahan :
- 3 buah paria/pare, potong 3-4, kukus setengah matang, buang bijinya, sisihkan.

Bahan untuk isi Paria :
- 250 gr teri besar/jengki, cuci bersih
- 200 gr ikan giling (fish paste) dari ikan apa aja, Ike pakai mackarel
- 250 gr kelapa parut (Ike pakai kelapa kering siap pakai)
- 3 buah putih telur

- 4 bawang merah, haluskan
- 2 bawang putih, haluskan
- 1 sdt ketumbar halus
- 1/2 sdr jintan halus
- 1 ruas lengkuas, geprek
- 1 ruas jahe, geprek
- 1 batang sereh, geprek
- garam, gula, secukupnya,

Bahan kuah :
- 2 buah cabe merah
- 5 buah cabe hijau iris tipis (modifikasi)
- 1/2 ruas kunyit,haluskan
- 5 bawang merah, haluskan
- 2 bawang putih, haluskan
- 1 sdt ketumbar halus
- 1/2 sdt jintan halus
- 1 ruas jahe, memarkan,
 - 200 ml santan kental
- 200 ml santan encer
- 2 batang sereh, 2 lembar daun salam, 2 iris laos
- 1 sdm air asam
- minyak untuk menumis

- gula, garam, secukupnya

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan isian Paria, aduk dan remas dengan tangan, sampai tercampur rata, dan halus.
  2. Siapkan paria yang telah dikukus setengah matang tadi, ambil satu buah paria, beri adonan filling dengan menggunakan sendok teh ke dalam lubang paria tadi, tekan-tekan sampai padat terisi, lakukan, sampai semua bahan filling habis, sisanya untuk tambahan kuah paria.
  3. Tumis bumbu kuah paria, beri santan encer, dan sisa filling paria, biarkan mendidih, masukkan paria isi, kemudian tambahkan santan kental, dan air asam,  biarkan meresap, dan bumbu terlihat kesat.
  4. Siap dihidangkan dengan nasi hangat.....:D



Thanks ya hesti-myworkofart , enak banget, sayang aku makan ini harus sama teman-teman karena suamiku kurang suka pare...hihihi...

2 comments:

Hesti HH. said...

Huhuuuiiii...selamat ya mbak sukses bikinnya. Alhamdulillah kalo suka. Sama kayak mbak Ike...aku kalo bikin udah banyak yg antri minta kebagian, karena mereka tau hubby n'anak anak nggak doyan...hahaha

Oh tentang teri...aku juga di resep pertama isiannya teri basah gede mbak. Jadi sama aja...makanya enaaakkk *hugs*

Ike Hermawan said...

huhuuyyyy,,,wenaaaak banget nih....hehehe....thank you ya Hesti....:D