All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Saturday, January 29, 2011

Baso Tahu Siomay Bandung (Fish Cake Tofu)


Penganan ini sering  banget aku bikin untuk keluarga, dan setiap bikin selalu diberi sentuhan improvisasi, kadang memang aku sering nambah ini itu,  dalam adonan :D makanya, kadang ada yang pernah nanya, resepnya apa? aduhh, tadi tuh apa aja sih yang dimasukkin...hehe...
Kadang dalam adonan baso tahu ini saya tambahkan 1 sdm santan kental, hasilnya jadi gurih, kadang pakai 1 sdm minyak sayur, kadang pakai putih telur saja, kadang sama kuning telur, kalau males misahin, hehe...tergantung mood juga...:D Tapi enak-enak aja...he he...dan kadang pake parutan labu, seperti resep NCC, :D semua dicoba-coba...
Dan saya sebenarnya bukan panutan dalam membuat baso tahu siomay ini, karena takaran tapioca suka ga pakem harus segitu. Belajar dari pengalaman tingkat kebasahan ikan sangat menentukan banyak sedikitnya tapioca. Apalagi kalau saya menggunakan pasta ikan dari frozen, otomatis kadar airnya akan lebih banyak dari ikan giling yang ngegiling sendiri.
Baiklah, untuk pembuatan kali ini, saya mempergunakan resep sebagai berikut.....

Baso Tahu Siomay Bandung 
by Ike

Bahan :
500 gr fish paste mackerel (pasta ikan, bisa dibuat dari fillet ikan yang diblender)
150 - 200 gr sagu tani (tergantung kadar air ikan, lebih sedikit sagu lebih baik)
1 butir telur
1 sdt bawang putih halus (Ike pake garlic powder)
gula - garam ( 2 banding 1 ) 2 sdt gula pasir - 1 sdt garam 
2 batang daun bawang, iris halus
1 sdm minyak sayur
Tahu goreng/Tahu biasa potong diagonal
Kulit wonton untuk siomay

Optional :
Kol, kentang, telur

Sauce :
Bumbu kacang, basic dari bumbu pecel siap pakai, sy tambahin bawang putih gula merah dan daun jeruk dan santan sedikit, semua di gogok pakai air sedikit saja.




Cara membuat :
Semua bahan di campur saja, sampai halus dan kalis, adonannya ga berat, seperti adonan cake, agak2 lembek. Adonan bisa di buat baso tahu, siomay, kemudian kukus, sampai matang,


4 comments:

deeTha H said...

mauuuuu...
2 porsi :D

Ike Hermawan said...

sini Deeettthhh.....bikin lagi yuuukss...yg di foto ini mah seminggu yang lalu...he he...

dessy hermayani said...

Hadeuuuhhhhhhhhh jadi ngiler ini teh? Jadi kgn bandung apalagi makanan nya.Salam kenal ya teh!!hehe ^_^

Unknown said...

Sistaa...bwt bumbu kacangnya..bwg.putihnya mentah gitu ato di tumis dulu yaaa? Makasiiihhh....