All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Tuesday, February 23, 2010

[EVENT MASBAR] ; MEE BANDUNG


Berakhir sudah kepanasaranku, apa dan bagaimana itu Mie Bandung. Rada aneh juga, karena aku merasa tumbuh dan besar di Bandung, tapi begitu ada orang bilang mie Bandung, enak loh.... Loh....mie Bandung? emang ada ya? Apalagi beberapa teman bilang, dia menemukan mie bandung di Perth sini, di Restoran Malaysia. Waduh?sampai ke Malaysia? sementara aku sendiri ga tau yang bagaimana itu mie Bandung. Tapi setelah lihat postingan Teh Syanti Dewi, yang tinggal di Singapore terjawab sudah, ternyata ini hanya akal-akalan orang Singapore dan Malaysia yang memberi nama, hehe....sementara klo di ubek dan dicari di Bandung sendiri, mungkin tidak akan menjumpai....walaaaaahhh....siapa dan bagaimana nih...sampai di klaim Mie Bandung, hehehehhe.....
Karena ini makanan berkuah, cocok buat Entry Masak Bareng....:D Ajang bulanan di Blogger....ayooo yang belum setor...:D

 

Resep aslinya ada pada teh Syanti Dewi . Dan di Pawonike, terjadi perubahan, he he....yah, pengennya sama, tapi bagaimana persediaan dapur...jadinya ya sesuai apa yang ada di dapur, he he....

Bahan : 
200 gr angle hair (spaghetti kecil), rebus sampai lunak, angkat, tiriskan, (resep asli pake mie kuning)
Beberapa kuntum brokoli (aslinya pakai sawi/cai sim)
beberapa ekor udang segar
100 gr daging sapi tetelan, cincang
cumi (skip)
2 butir telur
Bumbu-bumbu :
2 sdm saus tomat (Saya tambahin 1 buah tomat segar potong2)
1 buah bawang bombay
1 sdt cabe bubuk (optional) -- kalau Teh Syanti pakai cabe 6 biji
2 siung bawang putih cincang
1/2 sdt Garam,
2 sdt gula pasir
1/4 sdt merica
1 sdt kecap ikan
1 sdm olive oil untuk menumis
3-4 gelas air putih
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat :
1. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan irisan tomat, dan daging, beri air, garam, gula merica, biarkan air kuah mendidih,
2. Setelah air kuah mendidih, pecahkan telur diatas air mendidih, biarkan matang, angkat, tiriskan telur.
3. Masukkan udang, sayuran, dan mie, aduk, dan cicipi rasanya,
4. Tambahkan larutan maizena, aduk, dan angkat.
5. Sajikan dalam mangkok, bersama telurnya, tambahkan saus atau sambal sesuai selera, rasanya asem, segar, bisa tambah rawit bila kurang pedas...:)

Source : Syanti Dewi, http://diajar-masak.blogspot.com/2007/01/mee-bandung-ala-tie.html

3 comments:

deeTha said...

ahaiiii ada mee bandung nih...
kesukaanku, tapi aku blum pernah bikin. paling banter cuma bikin indomie rasa mi bandung aja. hihi
kpn2 nyonain ah...

oh yaa... makasih ya teh, udah ikutan MasBAr :d

Mira Mamanya Rifa said...

Spagetti tu emang pasta yang suit buat semua kuah ya. :)

Emang nama Bandung dicatut mulu. Segitu bekennya kah Bandung? :D

tatabonita said...

Hemmm... Mie Bandung.... Kita sehati teteh, sama bikin mie hehehe