Kitchen - Traveling - Education


All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Sunday, April 7, 2024

Menu Buka Puasa Keluarga (2)



Sup Kari Ikan, Tumis Kangkung, Cireng, Kolak Biji Salak, Cendol


Seharusnya setiap habis masak untuk berbuka Puasa, saya foto biar ada kenangannya. Tetapi terkadang suka kelupaan saking sibuknya persiapan menjelang berbuka itu ya. Semua ibu-ibu pasti mengalaminya, gimana sibuknya menit-menit menjelang berbuka. Al hasil cuma ini yang terfoto, lainnya, seperti Gule Kambing, Sop Buntut, Nasi Hainan (yang bikin anak gadis kesayangan malah) terfotonya pas udah plating. Memikirkan menu pembuka, main menu dan dessert memang effort selama bulan Puasa ini, apalagi kalau memang masing-masing orang punya favorit. 


Nasi Ayam Hainan by anak gadis

Terbukti, Ramadan selalu jadi momentum spesial, anak gadis meminta satu hari dia ingin masak Nasi Ayam Hainan. Mulai dari memotong ayam utuh, cuci beras, memberi bumbu, semua dia yang kerjain. Emaknya cuma bikin untuk takji. Alhamdulillah , Nasi Ayam Hainan nya enak sekali! 


Sup Tongseng Kambing, Mendoan, Martabak Telur, 


Selama Ramadan yang paling harus ada adalah kerupuk banjur oncom, alias Krupuk kuning yang disiram saus oncom, khas Bandung. Itu adalah kesukaan suamiku banget, tiap hari berbuka harus ada. Begitu juga dengan perkolakan, boleh tidak ada sih, tapi per es-an harus ada. 


Tongseng Kambing


Beruntungnya, kalau anak-anak, meski sudah besar tidak pernah mengeluh ga mau makan, apa yang disajikan emaknya selalu di makan. Meski mereka punya menu favorit.


Mie Ayam Kampung plus Pangsit Bakso homemade


Dan yang paling membuatku berarti, setiap habis makan, semua, termasuk suami dan anak-anak, selalu mengucapkan “terima kasih mamah, enak semua”.


Martabak Telur, Tempe Mendoan


Dengan begitu rasa berpikir memilih menu, dan masak pun serasa hilang capeknya. 


Sayur Toge Tahu Telur santan, Cendol Cingcau hitam Jelly homemade


Alhamdulillah, momentum makan bersama selama Ramadan, kami berempat adalah momentum yang sangat indah. Dimanja kami selalu makan bersama dan berkumpul di meja makan, menikmati sajian.


Daging balado, Tumis kangkung jamur


Momentum itu menjadi rezeki luar biasa, apapun harus kita syukuri. Karena anak-anak sudah besar, suatu saat kalau mereka bersama pasangan masing-masing-masing akan terukir kenangan kebersamaan yang selalu berkumpul saat berbuka dan sahur Ramadan. 


Semur Ayam Telur Tahu Kentang, Es Timun



Yang selalu saya ingat selama Ramadan adalah masakan ibuku. Inspirasi itu selalu dari masakan beliau. Seperti Semur Ayam Telur Tahu, Sayur Toge  Telor Tahu santan, Kolak candil dll.

Kerupuk Banjur Oncom


Alhamdulillah semua bumbu Indonesia dan bahan ada di Brisbane ini. Banyak yang tanya, itu oncom dapetnya di mana di Australia ini? Ini pakai kearifan lokal, saya pakai vegetarian mince beef, yang saya olah sesuai dengan khasnya sambal oncom pakai kencur, kemangi. Ternyata bagi suamiku yang tidak pernah rewel bumbu otentik, beliau sangat mensyukuri nikmatnya. Untuk bumbu Indonesia, Setidaknya Toko Asia bertebaran di setiap kelurahan alias suburb kalau di Australia.

Cilok bumbu Kacang, Cireng, Banana cake 


Berbicara soal menu sahur, saya jarang masak kalau pas sahur. Kadang suamiku ingin dibuatkan smothie, kadang cereal granula atau roti mentega kukus ( yang saya cuma microwave) . Atau pun makanan sisa berbuka pun tidak masalah. Intinya tidak masak khusus untuk sahur. 


Cilok Bumbu Kacang


Pernah sekali bikin pun pas sahur itu cuma nasi goreng dan ceplok telor. Bahkan pernah cuma Nasi putih, telor ceplok dan smoke beef. Intinya anak-anak pun tidak banyak permintaan. 


Lamb chop, Nasi Bukhari, siomay Baso Tahu Bandung 


Tapi pernah sih sekali minta, mereka ingin cilok. Jadi lah cilok dan cireng. 


Baso Tahu siomay Bandung


Alhamdulillah, atas ijinNYA semua dimudahkan. Menjadi ibu itu memang luar biasa. Selama saya menjadi ibu, momentum bulan puasa memang sangat istimewa. 


Baso Tahu Bandung




 

No comments: