Kitchen - Traveling - Education


All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Thursday, April 18, 2024

Eid Mubarak! Ini menu Lebaran kami


Eid Mubarak! Taqobbballahu Mina Wa minkum. Selamat Idul Fitri 1445 H, semoga kita meraih kemenangan Idul Fitri setelah ditempa ibadah selama Ramadhan.

Sajian kue kering pawonike

Bagi kami, Lebaran adalah istimewa dan selalu istimewa. Saya yang bertanggung jawab tentang menu Lebaran selama ini, mulai dipikirkan semenjak bulan Ramadhan tiba. Menu nya apa, bikin kue kering apa, bahkan kalo sanggup sampai ke dekorasi nya, dan tak lupa membuat kue kering untuk hampers ke sahabat seperantauan. Hanya untuk berbagi kebahagiaan saja.


Goodie cookies hampers Lebaran

Tahun ini saya cuma membuat beberapa kue saja. Dan skip bikin Kastengels, karena orang rumah yang 90% ngabisin , kurang begitu suka Kastengels, seperti ada aura Belanda katanya. Yah, memang nastar juga tidak lain ada aura Belanda nya kan. Kalau yang otentik Indosesia, adalah seperti opak, keripik-keripik, kue bawang, dan lain sebagainya yang renyah dan garing, hehe… Saya dibantu anak gadis hanya membuat nastar , kue semprit coklat, kue semprit pandan, kue semprit keju (ini resep baru saya coba). Juga putri salju pandan, yang sebenarnya adalah saya ambil dari adonan nastar. Selain kue kering, saya juga membuat kue bawang, dan cheesestick. Jadi semua yang tersaji adalah bikinan orang rumah.


Sebagian kue, saya kemas di toples-toples kecil untuk dibagi-bagi ke teman seperantauan terdekat dan yang datang ke rumah. Meski sedikit, tapi icip-icip kue Lebaran yang hanya setahun sekali dibikin. Alhamdulillah mereka senang sekali. 

Marble Chiffon Cake


Yang pertama dibuat adalah membuat selai nanas, persis dibuat 2 hari sebelum puasa. Setelah jadi pun, tidak lantas membuat kue nastar. Butuh 1 minggu untuk membulat-bulatkan nanas yang udah disimpan. Dan 2 minggu kemudian baru membuat nastar. 
Belum lagi pemilihan resep yang kira-kira nya bakalan enak atau tidak. Karena biasanya aku suka berganti-ganti resep setiap tahun, haha…



Rainbow Chiffon Cake

Kue selanjutnya adalah membuat cake bulat. Yang biasa saya buat adalah Chiffon cake tabur keju, atau rainbow cake tabur keju. Saya merasa waktu saya membuat Pandan Chiffon Cake tabur keju, saat dulu jaman ikut Liqo di Perth tahun 2013. Selanjutnya banyak teman di Perth yang order, sampai saya keteteran bikin, haha…dan sekarang ada teman yang membuat Pandan Chiffon cake yang persis, ALhamdulillah senang dan bahagia kalau menjadi inspirasi orang lain. Seperti sudah tradisi yang tak sengaja. Karena saya banyak terinspirasi dari mamah saya tercinta. Dimana dulu mamah selalu bikin cake marmer malam Lebaran, dan dibawa ke rumah nenek, dan masing-masing nenek mendapat satu cake. Jadi momentum itulah yang selalu terbayang, Lebaran tanpa cake bikinan sendiri terasa ada yang kurang. Jadi lah malam Lebaran saya membuat cake. Seperti biasa saya membuat Rainbow Chiffon cake tabur keju, dan Marble Chiffon cake. 
 
Menu Lebaran pawonike

Untuk menu Lebaran, seperti kebanyakan tradisi Lebaran di Indonesia. Dan juga tradisi masakan Lebaran saat saya kecil. Mamahku selalu membuat Sambal goreng Ati kentang, Capcay, Opor Kuning, dan tumis kentang bihun. Untuk kali ini, saya membuat Sayur kari Labu siam pake ebi dan telur puyuh, Opor Kuning, Sambal goreng ati kentang telur puyuh,  rendang sapi, tak lupa ketupat yang tinggal rebus. 

Menu istimewa Lebaran


Rendang, saya buat 2 hari sebelum Lebaran, karena masaknya lama. Sementara opor dan sayur labu, dibuat sehari sebelum Lebaran. 

Cooking With love


Alhamdulillah , ini yang tersaji dari kecintaan terhadap keluarga dengan masakan sendiri. Bahagia sekali, setelah shalat IED, sungkeman keluarga, kami pun menikmati sajian Lebaran istimewa kami. 

Makan bersama setelah Sungkeman dan shalat IED


Anak-anak sangat antusias dengan sajian Lebaran ini, Alhamdulillah semua bilang enak. Dan terima kasih mama! 


Alhamdulillah, Barakallah fiikum

 

Dan menikmati cake dan kue kering yang tertata di meja tamu. Sesekali ada tamu yang berkunjung, tentu dengan senang hati kami sambut dan ikut menikmati sajian Lebaran di rumah kami. 

No comments: