All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Friday, July 29, 2011

KBB #24 Rich Chocolate Tart



Ini adalah kali ke 3 aku mengerjakan PR KBB, sejak bergabung dengan Klub Berani Baking ini. Bulan ini KBB mengusung tema tentang Chocolate! wow...thanks untuk Ade Rita - Desy yang telah memberikan tema ini, mantap Rich Chocolate Tart!


Pengerjaan hampir tanpa kesulitan, tapi ternyata butuh kesabaran...he he....sampai-sampai aku agak2 lupa kalau menyimpan adonan di kulkas, hi hi hi.....:D
Oke deh....hasil kerja saya seperti ini nih....:D


Resepnya sesuai yang di ajukan para host....:)

KBB#24: Rich Chocolate Tart
Sumber: Best Food: Desserts. The Australian Women Weekly.
Untuk 10 porsi

Pastry
185g tepung terigu
25g coklat bubuk
55g icing sugar mixture
150g mentega dingin, cincang (mentega suhu ruang....Ike)
2 kuning telur
1 sdt air dingin

Campur tepung, bubuk coklat, gula dan mentega di dalam mangkuk FP, (pake Food Processor) lalu proses hingga tercampur rata. Masukkan kuning telur dan air, proses lagi hingga menggumpal. Uleni adonan hingga lembut. Tutup menggunakan plastik, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

Panaskan oven, suhu sedang (moderate). (aku pake 150 derjat C....Ike)

Giling adonan pastry hingga cukup lebar untuk memuat loyang tart bongkar pasang ukuran 24cm yang sudah diolesi mentega hingga ke sisi2nya. Letakkan pastry ke dalam loyang, tekan-tekan ke sisi-sisinya, lalu ratakan pinggirannya. Tutup, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

Tutup pastry dengan baking paper, isi dengan kacang2an kering atau beras, letakkan di atas loyang oven. Panggang tanpa ditutup selama 15 menit. Keluarkan kertas dan kacang2an/beras, panggang lagi 10 menit hingga sedang kecoklatan. Dinginkan.




Chocolate Filling
4 kuning telur
2 butir telur
55g gula caster
80ml krim kental
300 DCC, lelehkan
1 sdt ekstrak vanilla

Kocok kuning telur, telur dan gula caster di dalam mangkuk kecil dengan mixer hingga kental dan creamy. Masukkan krim, coklat dan ekstrak. Tuang adonan coklat ke dalam pastry yang sudah dipanggang. Panggang selama 30 menit atau hingga filling matang/set. Dinginkan selama 10 menit. Jika suka taburi dengan ekstra coklat bubuk, hidangkan.

Penyelesaian...Ike :
Pake taburan cokelat serut, dan hiasan cheese cream yang di spuit....:)

Hmmm...nyam...nyammm.....

Testimoni.... : Hasil karyaku sebenarnya tidak terlalu sempurna, karena aku salah menggunakan Coklat untuk filling, seharusnya menggunakan DCC tapi aku salah ambil malah menggunakan Milk Chocolate Cooking, alhasil hasil fillingnya agak pucat....:(( akhirnya aku bikin lagi dari DCC, tapi dengan adonan 1/4 nya, hanya menutupi permukaan seluruh pie saja, dan ternyata hasilnya coklat tua, tidak pucat seperti sebelumnya...:D Hayaaaaah....pas dipotong sesuai perkiraan, pasti belang deh! he he....liatlah belang....:D tapi tentunya tidak mengurangi rasa, tetap legit! :D

Dan untuk KBB#24 ini aku lulus.....:D thanks KBB!  




5 comments:

Arfi Binsted said...

YUMMYYYYYYYY!!! Aku bikin dua kali, enyak sih hehehe

Ike Hermawan said...

waahhh iyaaa aku juga gitu mb Arfi, he he..anak2 suka banget!

Elsye said...

wahhhh rapihhh banget teh ike ;D

Ike Hermawan said...

teh Elsye, aahhhh masa sih?belang2 gini...hihihi...anyway, thanks! :)

Sofie said...

teh Ikeee...
udah lama iih ngga nyapa2an. Pengen nyiciiipp... soalnya tantangan kali ini saya ijin ngga ikutan. Fotonya juda cantik :)