All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Sunday, January 24, 2010

Tomato Soup



I like soup, whatever soup I love it, even creme soup or light soup, yummy......:D Sajian dari sy kali ini adalah sup yang berbahan dasar tomat. Hmmmm...jarang sekali sy bikin sup tomat, abis anak-anak sebenarnya ga suka. Tapi kali ini mereka suka, karena tomatnya saya pilih yang matang....horeeeee.......:p
Penasaran sama yang namanya Sup Merah, hmmmm...enaaaakkk banget ternyata....ini dia resepnya....:)

Bahan:
1-1.5 ltr kaldu ayam
3 sosis sapi Frankfurt (sosis merah)
2 buah wortel, potong dadu
kacang polong beku
macaroni elbow
1 sdm celery iris halus
500gr tomat merah, seduh air panas, blender halus,
2-3 sdm  tomat pasta
1 sdt italian herb
Garam
Gula pasir

Bumbu:
1 buah bawang bombay, cincang halus
3 buah bawang putih, cincang halus
3 sdm olive oil, untuk menumis

Pelengkap:
Garlic bread
Parmesan chesee

Cara membuat:
Didihkan kaldu ayam, bisa juga memakai kaldu blok dengan 1 lt air.
Sementara itu, tumis bawang bombay hingga harum, kemudian masukkan tomat blender-an dan italian herb, sampai meletup-letup.
Tambahkan tomat pasta, wortel, macaroni, kacang polong/jagung pipil, sampai matang, tambahkan air matang sampai kekentalan yang diinginkan.
Beri garam, gula pasir dan merica. Cicipi rasanya.
Hidangkan dalam keadaan hangat bersama garlic bread.
Bila suka taburi atasnya dengan parmesan chesee.

Source : Dapur Teh Herti dan improvisasi pawonike disana sini :)



Nah, kalau yang ini adalah hasil mengarang bebas, karena itu adalah hobby saya mengarang, he he...... Sup ini dominan warna merah, karena pemakaian tomat yang ga biasanya...tetapi dibanding dengan resep di atas, sup ini tidak begitu KENTAL, karena pemakaian tomat yang tidak terlalu banyak, dan tidak memakai pasta tomat, sup ini cukup sehat buat anak-anak....:) apalagi membuatnya cepat dan mudah......

Ingredients:
Sup Tomat Udang Kacang Merah by pawonike :

10 buah udang ukuran besar, buang kulit,
2 genggam kacang merah, rebus sampai empuk, tiriskan,
3 buah tomat ukuran besar, blender halus,
2 buah baw. putih, rajang
3 buah baw. merah, iris
1/4 sdt pala bubuk
1/4 sdt merica bubuk
3 iris laos
1 lembar daun salam
1/2 sdt kecap ikan
gula, garam (3:1)
air putih 500 ml


Directions:
1. Tumis perbawangan sampai harum, masukan tomat blender, salam, laos, biarkan mendidih, beri air, biarkan mendidih,
2. Masukkan kacang merah, udang, dan bumbu2, biarkan matang,
3. Cicipi, sesuai selera....siap dihidangkan, rasanya asam-asam segar....

Source : Inspiration Pawonike

3 comments:

Mira Assjarif said...

Enyak.. Udah dicobain. Pake macaroni bear tea biar Rifa mau makan.. :)

Sofie said...

teh Ike.. sup tomat nya berhasil membuat sy ngiler heheh.. dicontek ya Teh, ntar siang insya allah mau bikin :)
nuhuuun..

Ike Hermawan said...

Mir, cucok?syukurlah..berarti bener bisa dijui...:D

Teh Sofie...manggaaaaa,,,,,dgn senang hati.....makasih dah mampir..