All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Wednesday, March 17, 2010

Tiramisu Aroma Coffee Bandung

Mendengar namanya disebut, udah ngiler...hihihi....pertama nyobain Tiramisu, di BMC Balaikota Bandung, konon itu salah satu Tiramisu terenak di Bandung...slruuuupppp.....Duluuuu...ga pernah terpikir bisa bikin tiramisu, ga peduli bahannya apa dan gimana, denger temen nyebut bahan-bahan Tiramisu aja, nih kepala udah pusing...ga ngerti! ha haaa.....:p
Sekarang sih....he he....boleh dong bilang ahhh...gampang ko....asal bahannya ada, tapi memang andalan wajib adalah si Mascarpone ini, di Indo mungkin harganya mahal....karena memang harga Tiramisu ukuran gelas biasa aja...berapa yah harganya, termasuk mahal lah....
Satu hal lagi, jangan ragu mencoba, mudah banget ko....dan tentu Tiramisu ala saya, ga pake Rhum, alias Tiramisu ga bikin mabok (gitu kt temen aku disini...:D), mengenai rasa ya memang untuk yang telah merasakan pake Rhum, tentu beda, apalagi pake Khalua, duh konon enak....:D Tapi buat ku ini sudah cukup...:D
Dan lagi kita bisa bikin sesuka hati, bisa pake resep yang pake telur atau yang tidak, boleh dibandingkan rasanya...:) sama-sama gampang ko....jadi bagi yang ragu seolah-olah makan telur mentah, boleh coba resep tanpa telur...:) Untuk resep Pawonike ini, saya pake kopi Aroma, kebetulan masih ada stock, sisa mudik kemarin ke Bandung, jadi urusan judul....terserah Anda....:p

Tiramisu Aroma Coffee Bandung :) 
by Pawonike 

Ingredients:
Resep Saus Tiramisu PAKAI telur :)
250 gr mascarpone
2 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
100 gr whipped cream
3 sdm gula pasir halus
1 buah lemon (biar ga amis,) atau pake Rhum bila suka

Saus Tiramisu TANPA telur :)
250 gr mascarpone/250 gr creamcheese
150 gr whipped cream/fresh cream
3 sdm (150 gr/tergantung selera) gula halus
Bahan diatas dikocok semua sampai lembut banget :) bila kurang manis tambahkan gula pasir.

*Biscuit secukupnya, aku pake spongefingers

untuk rendaman biscuitnya :
100 ml air
3 sdm gula pasir
1 sdm kopi instan, aku pake Kopi Aroma Bandung
1 sdt vanila essence
1/2 sdt garam halus

Directions:
1. Kocok putih telur dan garam, sampai kaku, sisihkan.
2. Kocok kuning telur, mascarpone, dan gula putih, sampai halus, masukkan whipped cream, kocok sampai rata. Masukkan kocokan telur putih, aduk sampai rata, beri perasan lemon, bisa dicicipi...:)

-->  Untuk yang versi tanpa telur, gampang banget kan, dan itu biasanya aku pake ini, karena ga ragu jadinya, soalnya yang pake telur, kan mentah, tapi ga apa-apa juga sih, asal yang dipakai telur segar...:)

3. Didihkan air, masukkan gula, kopi, vanila, sampai larut, matikan.
4. Celupkan biskuit ke dalam saus rendaman, susun dalam wadah/loyang pyrex/ceramic/gelas, beri saus putih atasnya, susun lagi biscuit, dan beri lagi saus putih, sampai adonan habis.
5. Taburi Tiramisu dengan coklat bubuk, atau remah biscuit, simpan dalam lemari, 4-6 jam, atau semalaman, atau bila ga tahan 2 jam boleh lah...:p
6. Siap santap, dingin-dingin....


Mudah kan....?Untuk ukuran gula, bisa dikurangi atau dilebihi sesuai selera...jangan takut mencicipi lah...:D

Source : Bubba (Cookle.at) dan Mb Diah :)

4 comments:

Mira Mamanya Rifa said...

Teh itu sponge finger/ lady finger nya meni tebel tebel yaa.. Duuh asli ngacaaay... T_T

Ike Hermawan said...

Iya meni tebel, ntar nyari yg tipis ah...ini, he he....

Dapur Bia said...
This comment has been removed by the author.
Dapur Bia said...

Halo Ke...abdi oge jd ngileur nih...mundikintun moal nolak..!