All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Tuesday, December 6, 2011

Cireng isi Beef Teriyaki


Ini hanya sekedar variasi cireng, Cireng jaman sekarang bisa dikasih isian bervariasi, bisa keju, oncom, pecel, bahkan ayam atau daging sapi... Kali ini saya mencoba isian Beef Teriyaki. He he....seru juga nih, paduan yang enak! enak bagi penggemar cireng....:D
Pertama-tama buatlah bahan dasar membuat cireng, kalau saya sih seperti biasa campuran :

...tapioca : terigu adalah 1:1 , tapi tidak jarang pulang 2:1, misal, bila Tapioca 100 gr, Terigu 100 gr,  atau Tapioca 100 gr : terigu 50 gr, (kenapa harus campur terigu?karena biar Cirengnya ga cepet alot kalo dingin, xi xi, ntar digigitnya kayak makan karet, xi xi - Inget Mira DapurIpoek nih, yang pencetus resep ini...:) kemudian campur air panas, air panasnya 2 -3 sdm, campur sedikit demi sedikit, asal bisa terpulung, terkadang saya campurkan 1 butir telur ke dalam adonan cireng itu, atau pake santan kental 1 sdm, lebih gurih rasanya, atau juga fish paste, variasi lah....:D Untuk efek wangi campurkan bawang putih halus, dan irisan daun bawang ke dalam adonan, dan untuk efek rasa bisa ditambahkan kaldu ayam bubuk :)  inget ya...jaga adonan agar bisa di pulung, jadi pakem air harus sedikit demi sedikit...

Apapun resep cireng semuanya enak-enak aja tuh... :D Jadi bagi saya tidak ada yang pakem dalam sebuah rahasia membuat cireng, hihihihi...semua mengalir saat tangan menari-nari mengaduk adonan...he he....

Kalau untuk isi nya, kali ini yang pakai Beef teriyaki, membuatnya pun mudah, saya hanya memakai bumbu teriyaki siap pakai, dan daging has, yang diiris tipis-tipis, semua ditumis bersama bawang bombay, gula garam secukupnya...sudah deh.... Bisa juga pake isian, keju, oncom pedas, bumbu pecel siap pakai, atau tak pakai isi juga bisa, siap dicocol sama sambel kacang, atau sambel botolan...:D
Duh, benar-benar tidak membantu ya, karena semua pake ilmu kira-kira, mohon maaf jadinya....:)

2 comments:

Melly Octaviana said...

mau dong cireng nya..nyum..nyum

Ike Hermawan said...

udah pernah bikin, Mel..?