Kitchen - Traveling - Education


All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Saturday, September 26, 2009

Roti Abon mayo (mayo Bread with Flosh)




Masih berkutat dengan per-roti-an, he he...kali ini browsing-browsing, dapat resep dari Budi Sutomo http://budiboga.blogspot.com/2006/06/variasi-roti-unyil-dan-resep-dasar.html , cara membuat roti unyil. Dan resep roti nya berbeda dengan resep Roti Keset Keju waktu kemarin. Dilihat-lihat memang mirip, tapi kali ini hanya menggunakan kuning telur 3 buah. Let me see, mana yang enak...:)) 
Kangen banget sama roti abon ala breadtalk, sayang disini ga ada gerainya...;( Akhirnya terpaksa deh bikin, hehe...coba-coba ini juga, berikut, saus dibalik abonnya...apakah itu...waaaah ternyata mayonaise yaaaa....hehe....Makasih buat Teh Bia di Sydney yang telah jadi inpirasi ku, makasih ya teh...:)) mmmuuuaaaacchhhhh...klo bukan karena fotonya yang bikin ngiler, mana terjadi roti abon di dapur di dapurku, hahaha,,,,,,
Enaknya selain roti abon, bisa juga bikin roti unuils...siiiipppp deh....anak-anak girang bangettttttt....:D



Resep Dasar Roti  By Budi Sutomo :
Bahan:
375 gr tepung terigu protein tinggi/hard wheat (self raising flour..ike)
100 gr tepung terigu protein sedang (plain flour..ike)
130 gr gula pasir
3 kuning telur
100 gr mentega
275 ml air es
30 gr susu bubuk
11 gr ragi instan
1 sdt bread improver/pengempuk roti (ga pake...ike)
1 sdt garam halus
Susu evaported untuk olesan (ike)

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan kering, aduk rata. Masukan kuning telur dan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambah kan mentega uli lagi sampai terbentuk adonan yang licin dan lembut.
2. Diamkan adonan selama 45 menit atau sampai mengembang dua kali lipat. Kempeskan adonan dan potong-timbang sesuai kebutuhan resep.
3. Fermentasikan kembali selama 30 menit. Kempeskan lagi dan adonan siap dibentuk sesuai jenis roti, masing-masing timbang 40-50 gr, atau bisa juga lebih kecil, tergantung selera. Bila mau membuat roti abon, roti dibuat plain (tanpa isi).
4. Roti dipoles susu evaported sebelum dipanggang.
5. Panggang selama 10 menit di suhu 160 derajat C.


*Bila memakai Bread maker, bahan dicampur semua, aduk, set ke menu dough , tunggu sampai selesai, langsung bisa dibentuk sesuai selera (Ike)


Untuk membuat roti  ABON : 

Bahan yang diperlukan :
Roti plain

Abon sapi rasa manis/pedas
4 sdm mayonaise
1 sdm susu kental manis
---> mayonaise dan susu kental dicampur rata
mentega untuk olesan


Cara membuat :
Ambil roti plain, semir mentega ke seluruh permukaan roti, belah memanjang diatas permukaan rotinya, isi dengan adonan mayo, kemudian agak rapatkan lalu taburi seluruh permukaan roti dengan abon pedas/manis.


Untuk membuat Roti Keju dan Coklat :

Bahan yang diperlukan sesuai selera, keju parut cheddar, atau coklat nuttela, suka-suka bisa juga sosis dan daging asap :) ----> Bulatkan adonan roti, pipihkan, isi dengan isian sesuai selera, dan bentuk sesuai selera, olesi permukaan dengan susu evaported, kemudian panggang. (cara panggang seperti di atas).

Hasil roti lebih empuk, mungkin karena penggunaan kuning telur yang 3 butir itu....:)



8 comments:

dapurbia said...

Ternyata engga susah yah bikin roti...!

tata | bonitafood said...

Wah kesukaanku nih teh, aku suka yang pake abon ayam. Chicken flosh bread :D

Mira G. Lestari said...

Asik eeeeuuuy ada Bread Maker. Tinggal buka Pawon Ike Bread & Bakery. :D

Unknown said...

mbak...mau tanya ini jdnya berapa biji yah...n pk plain flour ,self raising bisa ya? ga mesti bread fluor? maklum br mau coba2 nih....
mksh ya

Ike Hermawan said...

mohd nadeem, maaf baru jawab, klo aku, ga mesti bread fluor, self raising flour udah cukup, bahkan plain fluor pun gpp, :) ini bisa dapat 20 biji an....
makasih dah mampir ya,,,

Lola said...

mba ike, saya coba buat adonan dengan breadmaker. sesudah jadi dough langsung dibentuk ? koq lengket ya ? apa memang begitu kah ? ada tips ga, mba ? thanks ya..

Ike Hermawan said...

Iya Lila, bisa langsung dibentuk, kalau sekiranya lengket ga bisa dipulung, bisa di tambah taburan terigu..:) tp ingat jagnan banyak2 ya....asal ga lengket aja....:) ini terjadi karena memang sifat terigu beda2 karena penyimpanan terigu yang menimbulkan kelembaban berbeda...:)

Budi Sutomo, S.Pd said...

mau dong cobain roti abonya....