All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Saturday, September 26, 2009

Roti Keset Keju (Cheese Buns)



Akhirnya kesampaian juga bikin Roti Keset nih, inget dulu waktu kecil, he he. Bentuknya menul-menul kayak kasur jaman dulu, kalo mau di makan, di sobek dulu kotakan rotinya, familiar dibilang Roti sobek, tapi kalo roti sobek kan tidak seperti bentuk roti kasur :D Dapet resepnya dari Majalah Sedap Sekejap, berani deh bikin roti sekarang :D, udah ga pegel lagih....;p tinggal aduk diamnya, trus kita bentuk-bentuk...;)

Bahan Roti :
400 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
100 gr gula pasir
2 sdt ragi instan
20 gr susu bubuk
2 butir telur
200 ml air es
75 gram margarin
1 sdt garam
1 sdm susu evaported untuk olesan

Bahan Isi :
200 gr Keju Cheddar parut

Bahan taburan :
50 gr margarin
75 gr tepung terigu protein sedang
Kedua bahan diatas diaduk dengan menggunakan spatula sampai berbutir-butir.

Cara membuat :
  1. Campur tepung terigu, gula pasir, ragi, dan susu bubuk, aduk rata. Tambahkan telur dan air es sedikit2 sambil diuleni sampai kalis.
  2. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis, Diamkan 30 menit, adonan siap dibentuk.
  3. Timbang masing-masing adonan 25 gr. bulatkan. Diamkan 10 menit. Kempiskan adonan.
  4. Pipihkan beri isi. Bulatkan. Letakkan di loyang diameter 22 cm tinggi 3-4 cm, beri jarak. Biarkan 75 menit menit sampai mengembang.
  5. Oles susu evaported. Taburi bahan taburan.
  6. Oven 20 menit dengan suhu 180 derajat C.
Bila menggunakan Bread maker (alat membuat roti), semua bahan langsung dimasukkan, pilih menu Dough, tunggu sampai proses berakhir, langsung ke step 3.

Source : Majalah Sedap Sekejap th 2007

Waaaaah, anak-anak suka sekali ^^....siapa yang ga senang...;p

1 comment:

Dapur Bia said...

Ke...kok sama sehati ,aku juga hari ini bikin roti..!