All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Friday, September 25, 2009

Bubur Ayam Kuah Kuning

Hmmmm....beberapa kali bikin, baru kali bisa difoto, hehe...Asli enak banget bubur kuah kuning ini, bikinnya juga gampang... Kuah sotonya bumbu ringan saja...

ngredients:
Untuk Bubur beras :
2 cup beras putih, cuci bersih, rendam sebentar
Kurang lebih 1 lt air
Salam
Sereh
1 sdt garam
(Kadang saya pakai dari sisa nasi semalam jadiin bubur :)

2 bh Telur Rebus, potong jadi dua

Kuah Soto :
Air
1 sayap ayam, (sayap ayam ini untuk mencari kaldunya saja)
Haluskan :
2 siung bw. putih
1 siung bw. merah
1 ruas jari kelingking Jahe,
1 ruas jari kunyit, iris2 tipis
sedikit merica
1 sdt garam
2 sdt gula pasir
1 btg serai
2 lbr daun jeruk
1 btg Daun Bawang
(Bisa juga, kalau punya air kaldu, lebih cepat bikin kuahnya, atau pakai Bumbu instant Soto ayam juga bisa :)

Topping :
Dada ayam, bumbu seperti biasa, pakai garam, merica, kencur, goreng, kemudian suwir-suwir.
Cakweh, beberapa buah (optional)


Directions:
Buat Kuah Soto :
1. Didihkan air secukupnya , setelah mendidih, masukkan bw. putih, bw. merah, kunyit, jahe, daun jeruk & serai. Biarkan sebentar.
2. Masukkan sayam ayam, kecilkan api, masak hingga ayam lunak.
3. Bubuhi merica, garam & gula. Cicipi. Biarkan mendidih, matikan api. Tambahkan potongan daun bawang & seledri.

Buat Bubur :
Masak beras dengan air 1 lt, bila kurang airnya bisa ditambahin, sampai menjadi bubur, jangan lupa salam dan sereh, juga garam, dan sedikit kaldu. Biarkan sampai meletup-letuk, sering2 diaduk biar ga mengerak.

Sajikan Bubur dengan irisan ayam dan telur rebus, disiram dengan kuah kuning. sajikan bersama topping sesuai selera.

Mba R nih di Surabaya, nih buburnya, hehe...pemicu bubur kuah kuning...:D mbak ku satu ini memang pinterrrrr bikin ngiler.....


Source : http://kedaikuistanaku.blogspot.com/ plus improvisasi pribadi sana-sini :)

5 comments:

Mira G. Lestari said...

Wooooohoooow... Bord eye view-nya muantaaaaab!!

Mira G. Lestari said...

maksudnya bird... wakakakakaka..

Ike Hermawan said...

maenya Mir?? hehe...nuhun atuh, nyobaan, tapi asa kurang naon nya, kurng matching naon sih...?

Mira G. Lestari said...

mangkoknya kegedean. Paling dijauhin lagi ngambilnya. Terus space dibawahnya juga masih kosong. Kalo bird eye view justru jangan kebanyakan property biar straight to the point gitu. Ciah sok you know.. :D

Ike Hermawan said...

owhhhh..to the point yahhh...tapi ada space gitu yah....tapi jgn nampak kosong...*hmmm....art...;)
nuhun atuh nya...