All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Monday, July 6, 2009

Gempol Hijau (gempol ato bukan...:D)

Sajian yang berkuah santan/susu seperti ini, selalu menggoda bagi keluargaku. Betapa tidak, hampir seminggu sekali anak-anakku minta dibikinkan candil ketan, mereka suka sekali. Nah, hari ini kebetulan persediaan tepung ketan lagi habis. Ingat postingan Mae - Surabaya, pernah membuat seperti candil, tapi dari tepung beras. Ya sudah meluncur ke http://maedapur.blogspot.com/2009/04/masbar-bukan-bubur-gempol.html, akhirnya bikin deh...untuk jaga-jaga nambah aku bikin 2 resep...:D Ternyata...enaaak mah...Alhamdulillah, kebetulan dalam adonannya agak melenceng dari aslinya...pake keju parmesan sih hehehehe....*seperti biasa....^^

Hasilnya jauuuuuh dari aslinya...heheheh..tapi enak, beneran, belum pernah makan gempol, yang ini aja udah enak, apalagi aslinya....:))

Bahan :
250 tepung beras putih, perciki air sampai lembab, kukus selama 15 menit,
40 gr tepung kanji (ga boleh lebih...kata Mae)
50 gr keju parmesan (...ike)
1 sdt gula pasir (nambah sendiri...ike, di resep aslinya ga pake)
200 gr kelapa parut tua (kelapa parut kering...ike)
200 ml air biasa (resep asli pakai daun suji...Mae), di combine sama susu cair (..ike)
1 tetes essens pandan
1 tetes pewarna hijau (..ike)

Saus :
2 buah gula merah
500 ml air
selembar pandan
100 ml santan kental
100 ml susu cair
1 sdt garam

Cara membuat :
Campurkan bahan gempol, sampai tercampur rata, bentuk, bulat-bulat seperti bola bekel. Panaskan air dalam panci, masukkan bahan gempol, biarkan mengapung, angkat, tiriskan.
Masak saus, didihkan gula merah sampai larut, saring, didihkan kembali, masukkan pandan, santan dan susu, aduk cepat, agar tidak pecah. beri garam, aduk dan matikan.
Sajikan siram ke atas gempol yang sudah ditata dalam mangkok.

Source : Dapur Mae Surabaya, http://maedapur.blogspot.com/2009/04/masbar-bukan-bubur-gempol.html

2 comments:

Mira Assjarif said...

Teh Ike... meni sepii.. sono iih..

Ike Hermawan said...

sepi nya...tara muka, abis kamari zbuksss...:)) miss u too....