All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Tuesday, September 20, 2011

Pizza (Blackforrest Pizza)

Blackforrest Pizza
 Nama satu ini sering banget saya bikin, karena anak-anak suka sekali sama pizza, biasanya saya membuatnya weekend. Tentu saja, dengan topping sesuai dengan yang tersedia di rumah, he he... Kadang cuma daging cincang, ayam, bahkan ayam kaleng atau daging kaleng, terus tuna atau salmon, bahkan kalau tidak ada, taburan cheese yang banyak, dah habis sama anak-anak si pizza, pake topping Pepperoni Pizza , Potato Pizza, sampai Calzone , bahkan pizza yang hanya dari kulit tortila saja....hehe...

Resep seperti biasa, yang tanpa telur, dulu pas pertama kali bikin pizza pake telur satu, sekarang sudah cocok yang tanpa telur, dan konon memang inilah original Pizza dari sononya...:D

Kali ini, terinspirasi dari kedai Pizza di Mundaring Perth WA, ada pizza rasa manis seperti ini, namanya Blacforrest Pizza, tentu saja saya tidak bertanya resepnya, karena sudah hak paten, he he..saya hanya mereka-reka seperti inilah mungkin resepnya, :D Basic dough seperti biasa, hanya beda topping saja, tapi sensasi rasanya sungguh membuat beda! Yummmmyyyy......:D

Resep dasar Pizza
by Pawonike

Bahan :
250 gr plain flour
1 sdt gula pasir
1/4 sdt garam
1 sdm olive oil
1/2 sdm ragi instant
150 ml air hangat

Cara Membuat :
1. Dalam sebuah baskom khusus membuat kue, tempatkan bahan-bahan, terigu, gula, garam, olive oil, air hangat, dan ragi, aduk pkai tangan merata, sampai kalis, dan adonan tidak lengket, ambil adonan sebesar bola bekel, coba tipiskan dengan jari-jari kita, bila pas dilebarkan masih terputus, berarti belum kalis.
2. Setelah itu, tutup adonan dengan kain katun kering yang bersih selama 30 menit, sampai mengembang, bila cuaca dingin, dan adonan tidak mengembang, ambil sebuah baskom yg lebih kecil dari baskom dough tadi, isi dengan air panas, dan tempatkan baskom yang berisi dough tadi diatasnya, bila masih belum mengembang sesuai yang diharapkan dan air panas dingin, ganti airnya dengan air panas lagi, tutup lagi, penutupan dengan serbet ini, haruslah menutup sampai baskom yang berisi air panas tadi.
3. Panaskan oven 150 derajat C.
4. Dengan loyang pizza, tipiskan adonan, atau bisa juga dengan di rolling setinggi 1/2 cm.
5. Setelah tipis dan menutupi semua permukaan loyang, tusuk-tusuk dengan garpu, lalu semprotkan Olive oil, seluruh permukaan pizza, atau bisa juga diolesnyai dengan kuas.
6. Panggang selama 10-25 menit, sampai permukaan matang.
7. Angkat dari oven, simpan dalam rak pendingin.

Selama menunggu pizza agak dingin, kita siapkan topping Blackforrest Pizza :

Topping Balckforrest Pizza :
by Pawonike

250 gr cream cheese
1 sdm icing sugar
1 sdm thick cream
150 gr Dark Cooking Chocolate, parut kasar
Strawberry/Cherry sebagai hiasan

Cara membuat :
Campur, cream cheese, sugar, dan thick cream, kocok dengan mixer, sampai lembut, speed rendah saja. Oleskan topping di pizza yang hangat tadi, secara merata, kemudian taburi dengan coklat serut, dan hias sesuai selera.
Jadi deh! :D

stepbystep
 Bila menggunakan Breadmaker, cukup dengan mencampur semua bahan yang ada, dan proses dalam settingan Dough. Biarkan sampai mengembang, dan tanda selesai berbunyi. Siap diproses...:D



 Yummmyyyy deeehhh! You must try! trust me....:D

Empukkkk :D

1 comment:

Dewi Trisna,Putu said...

ternyata disini banyak resep pizza. Nyontek ya mbak,anakku pengemar berat pizza