All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Wednesday, November 4, 2009

Calzone


MFM, ajang potluck Multiply hadir lagi, kali ini hostnya Madam Rurie di Holland sana. Tema kali ini adalah World Cuisine, mantap! yang terbayang pasti banyak makanan mancanegara nih di MFM November, hehe....

Dan mumpung masih awal bulan, masih semangat baca-baca resep. Kebetulan dapat oleh-oleh dari teman yang baru mudik, beberapa buku masakan Sedap Sekejap, salah satunya adalah Aneka Roti Mancanegara. Waaaah...cocok nih, buat entry MFM, baca-baca resep, cari yang gampang aaaahhhh....:D akhirnya ya sebenarnya kurang begitu menantang si resep ini, hihihihi...gampaaaanggg...banget! dan pas di coba, rasanya enak banget, empuuukkk....waaahhhh..judulnya asing, tapi rasanya ga asing loh.....coba deh... Ga seasing judulnya...

Bahan dasarnya sama persis membuat pizza, jadi yang sudah terbiasa membuat pizza, yah kurang lebih gampang lah...:) Kalau di bukunya, isinya ga pake acara tumis, dan ga peke bawang putih, dan langsung dimasukkin sebelum dipanggang, tapi aku tumis dulu, biar lebih wangi aja dan sedap sesuai selera yang makan, hehe..dan benar aja, Avi, anakku suka banget, apalagi ada pedes-pedes paprika di dalamnya, waaah...bisa jadi favorit nih....



Ingredients:
Bahan dasar Kulit :
1/2 sdm ragi instan (larutkan dengan sedikit air hangat)
150 air hangat (pake susu segar...ike)
1/2 sdt gula pasir
1 sdm minyak zaitun (olive oil)
250 gr tepung terigu protein sedang (plain flour)
1/2 sdt garam

Bahan saus :
1 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay, cincang
100 gr jamur champignon, iris halus
4 lembar salami, belah dua (smoked beef...ike)
paprika hijau, iris panjang
paprika merah, iris panjang
100 gr jagung manis pipil (jagung beku...ike)
1/2 sdt garam,
1 sdt gula pasir,
150 gr keju mozarela parut kasar
1 sdm minyak zaitun untuk olesan
1 sdm minyak zaitun untuk menumis
Beberapa sendok saus tomat untuk olesan


Directions:
1. Tumis, bawang putih, bawang merah, sampai harum, masukkan smoked beef, jamur, beri bumbu-bumbu, masukkan jagung, aduk sebentar, matikan.
2. Buat kulitnya : Aduk semua bahan, menggunakan mikser roti, (atau breadmaker) atau pun tangan, sampai kalis. Uleni sampai elastis. Bagi menjadi 4 adonan, simpan dalam wadah yang di oles olive oil, diamkan 30 menit.
3. Giling adonan, berbentuk bulat pipih, oleskan saus tomat, beri tumisan jamur dan smoked beef di setengah lingkaran adonan, beri mozarella, kemudian paprika, tarik kulit yang kosong, tutup, rapatkan, dan pilin, atau tekan-tekan garpu, mirip membuat pastel. Tusuk2 atasnya dengan garpu, tapi tidak sampai bolong, olesi olive oil, letakkan dalam loyang yang dialasi kertas roti.
4. Panggang dalam oven suhu 160 derajat C, selama 12 menit. Siap disajikan dengan salad Feta....nyamm ..nyammm..gampang kaaannn?

Source : SEDAP - Aneka Roti Mancanegara - Gramedia Jakarta

1 comment:

mae said...

aduh teteeeeeh..... bener2 pengen deh jadi kakaknya Avi klo tiep hari disuguhin yg ginian >_<