Kitchen - Traveling - Education


All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Thursday, September 22, 2011

KBB #25 : Devonshire 'Birthday Party'Tea (Scones With Strawberry Compote)

Devonshire Tea (Scones with Strawberry Compote) by Pawonike
Hurrraaaayyyy!!! Klub Berani Baking berulangtahun ke 4 tahun 2011 ini, sudah 4 tahun ya...hebatttt....banyak menghasilkan member-member yang begitu talenta dalam baking ini, serta dengan tantangan-tantangan yang selalu unik dan terdepan dalam ide. Selamat ya KBB! Meski aku baru ikut 4 kali tantangan, bangga nian aku menjadi bagianmu, cieeee....iya dong! :D


Maka dari itu, tema bulan ini sangat special, untuk KBB #25 yang dipandu oleh mb Arfi Binsted dan Santi, mengusung tema Devonshire 'Birthday Party' Tea. Yang diharapkan kita para member ber party dengan minum teh dan Scones, waaaahhh senangnyaaaa...., meskipun hanya dalam blog dan dunia maya...he he.... Kutipan dari milis KBB :


Devonshire tea adalah sebuah sajian minum teh khas Inggris yang konon berasal dari daerahDevon, dimana scones disajikan bersama clotted cream dan selai. Clotted cream merupakan krim kental yang kandungan lemaknya sangat tinggi, sehingga tidak banyak dikonsumsi.

Scones berasal dari kata sconbrot, merupakan ‘roti’ khas Skotlandia yang pada akhirnya diadaptasi oleh masyarakat Inggris menjadi makanan khas Inggris yang pembuatannya hanya meliputi tiga bahan utama: tepung, mentega dan susu. Tekstur scones haruslah ringan, dan tidak berat dan tidak basah seperti brownies, dengan demikian baking powder banyak digunakan sebagai bahan pengembang.

Rasa scones bermacam-macam, namun secara tradisional, scones disajikan plain dan tidak memakai banyak gula. Selain itu, scones populer dipanggang bersama cincangan kurma, kismis, sultanas, atau currants.

Untuk Tantangan ini, saya memilih resep dari Taste.com.au ,  


SCONES WITH STRAWBERRY COMPOTE

Cooking Time :30 minutes

Ingredients (serves 8)

  • Vegetable oil, to grease
  • 150g (1 cup) self-raising flour
  • 1 tsp baking powder
  • Pinch of salt
  • 50g unsalted butter, chopped
  • 2 tbs caster sugar
  • 80ml (1/3 cup) milk
  • 1 egg, lightly whisked
  • Double cream, to serve
Membuat Strawberry compote 
  • Strawberry Compote
  • 1 x 250g punnet Strawberry
  • 2 tbs water
  • 2 strips orange peel
  • 2 tbs brown sugar
  • 1 x 7cm cinnamon stick(skip ...Ike)
  • 1 tsp fresh lemon juice

Dan berikut foto tahap-tahap membuat Scones :
    Step by step How to make my scones

    Method

    1. To make the strawberry compote, place the strawberry, water, orange peel, sugar, cinnamon and lemon juice in a saucepan over low heat and cook, stirring occasionally, for 5 minutes or until the sugar dissolves. Increase heat to medium and bring to a simmer. Cook for 12 minutes or until mixture is thick and jam-like. Set aside to cool. ---> Di Tahap ini, karena aku mempunyai persediaan simple syrup (air gula) aku hanya mencincang strawberry, kemudian, tuang 1-2 sdm simple syrup, terus dimicrowave 1 menit . Jadi deh...he he....
    2. Preheat oven to 220°C. Brush a baking tray with oil to grease. Sift the flour, baking powder and salt into a bowl. Use your fingertips to rub the butter into flour mixture until it resembles fine breadcrumbs. Stir in sugar. Make a well in the centre. Pour in the milk. Use a round-bladed knife in a cutting motion to mix until incorporated and mixture begins to hold together. Turn onto a lightly floured surface. Knead gently and shape into a disc. ---> Aku, mengadonnya pake baskom aja, taruh tahap2 bahan di adonan, kemudian aduk perlahan, adonan jading agak2 lembek gitu, dan emang jadinya memang lengket2 gitu....makanya, sebelum mentransfer adonan dari wadah ke tempat datar, taburi dulu dengan terigu meja yang akan dijadikan tempat adonan tadi, agar tidak lengket. Dengan perlahan baluri adonan dengan terigu, jangan terlalu ditekan, cutup di tepuk2 lembut saja. Jadi tabu ran terigu hanya untuk permukaan adonan saja, tanpa harus di campur ke adonan (tidak seperti bikin roti yang kurang tepung). Setelah ga lengket, baru di rolling, setinggi 1-1,5 cm kalo aku, ini juga jangan di tekan, sedatarnya saja...:) 
    3. Use a lightly floured rolling pin to roll out the disc until about 2.5cm thick. Use a round 7cm-diameter pastry cutter dipped in flour to cut 4 scones from the dough. Transfer scones to the prepared tray. Re-roll remaining dough. Repeat cutting to make 4 more scones. Brush tops with beaten egg. Bake for 10 minutes or until golden and scones sound hollow when tapped on top. Transfer to a wire rack to cool completely. ----> Ukuran scones tergantung selera ya, klo aku pake ukuran bulat yang kecil, :D dan aku men skip saat memoles scones dengan kocokan telur, karena lupaaaa....hihihihi....:p Setelah itu panggang, selama 20 menit saga, sampai tuning agak kecoklatan. 
    4. Split the scones in half and serve with compote and cream.


      Yummyyyyyy....


      Testimoni :
     Nah kan gampang banget ternyata, bisa banget untuk alternatif kalo tidak ada persediaan roti di rumah...:D
    Penyajian sih menurut selera masing-masing, tapi menurut budaya kebiasaan orang Inggris, Scones adalah teman minum teh, teh nya pakai English Tea, kemudian campur susu segar, beri gula bila ingin manis, dan teman minum tehnya adalah si Scones ini, Scones dibelah, beri topping, dan cream/whipped cream, lalu minum dengan English tea tadi, duhhhh serasa di Inggris deh, apalagi kalo minumnya bareng teman-teman tercinta.....he he.....Hmmmm....enaaakkk, apalagi klo dimakan hangat-hangat...duh..serasa seperti bangsawan Inggris deh....:D

    Dan aku lulussss...Horraaaaayyy...! :D


    No comments: