Kitchen - Traveling - Education


All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Tuesday, October 4, 2011

Wholemeal Bread


Ragu-ragu ingin membuat roti wholemeal, takutnya nantinya jadi keras dan agak pahit...tapi ternyat tidak loh...:D Rasanya seperti roti wholemeal yang sering anak-anak konsumsi. Alhamdulillah, dan lebih senangnya lagi anak-anak suka banget....:D woooww....bakalan bikin dan bikin lagi nih, ga salah memilih resep aku...he he....
Resep diadaptasi dari judul resep Plaited Bread, yang seperti Roti Kepang, aslinya memang hanya memakai tepung berprotein tinggi biasa. Tapi karena aku pengen mencoba tepung wholemeal, maka jadi lah resep ini saya ganti seluruh tepungnya memakai wholemeal, ternyataaaaa...empuuukkk...puk....:D

Wholemeal Bread
ala pawonike
source Plaited Bread 

Bahan :
500 gr tepung wholemeal
7 gr ragi instant
10 gr garam
2 gr bread improver
21/2 sdm olive oil/minyak goreng
310 ml air hangat
Cara membuat :
1. Bila memakai bread maker, susun bahan2 dari menuangkan air hangat, tepung wholemeal, minyak olive, garam, bread improver, dan ragi instant, lalu proses ke settingan dough , sampai proses dough berakhir dan adonan mengembang sempurna.
2. Bila menggunakan tangan biasa, taruh air hangat dalam wadah cekung, masukan bahan-bahan, dan aduk, perlahan, mengarah ketengah, dengan menggunakan jari-jari, rasakan adonan sampai kalis, bila telah tercampur, pindahkan adonan ke tempat datar yg telah diberi tepung, agar tidak lengket, tekan2, sampai kalis dan lentur, serta lembut empuk, bulatkan, simpan dalam wadah, kemudian simpan adonan dalam wadah tadi di atas baskom yg berisi air panas, kemudian tutup dengan serbet kering. Tunggu proses proving ini selama 20-30 menit, sampai mengembang 2 kali lipat.

setelah proses proving

3. Selanjutnya dalam proses ini, sama lanjutan dengan yang memakai memakai Breadmaker juga, yaitu proses pembentukan adonan, mau di bulat-bulat atau di kepang, kemudian simpan dalam loyang yang telah disemprot minyak. Tutup lagi adonan, simpan diatas wadah yang berisi air panas lagi.
4. Setelah mengembang lagi, poles dengan olive oil, kemudian taburi biji wijen, panggang dalam oven, yang sebelumnya telah dipanaskan 200 derajat C, selama 20 menit sampai kecoklatan.

siap disantap...:D


Source : ROTI by Gramedia Pustaka Utama

No comments: