Kitchen - Traveling - Education


All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Saturday, September 15, 2012

IDFB Challenge #6 : Indonesian Festive Rice - Tumpeng Nasi Kuning


Hai apa kabar semua pengintip blog ku Pawonike, he he... Lama ngga update blog nih... Kalau rumah beneran sudah pasti banyak debu sana sini yang harus dibersihkan. Pawonike yang lahir 2007 ini, telah melahirkan banyak kisah masakan saya nih... Akhir-akhir ini memang kurang waktu untuk nge-blog, di samping jenuh, juga miris sama pencaplokan foto blog yang diambil tanpa ijin pemilik blog, baik itu untuk disimpan di blog nya dan lebih-lebih untuk komersil bikin buku. Hadeeeuuuh...ngga pernah ridho foto saya diambil orang...
Ehmm...saya datang dengan tema Nasi Kuning ala Pawonike nih... Event ini saya persembahkan untuk Indonesian Foodbloger Challenge #6 yang bertema : Indonesian Festive Rice. Silakan berkunjung ke link ini ya....https://www.facebook.com/groups/indonesian.foodblogger/doc/450417541645563/


P e r s e m b a h a n  u n t u k  IDFB

Untuk Ulang tahun Pertama IDFB, saya persembahkan "Tumpeng Nasi Kuning Ala Pawonike" :) . Hebatnya, karena event IDFB ini, memanggil saya untuk kembali menulis disini...he he...
Saya pribadi juga sangat berterima kasih sama IDFB beserta para membernya, 2 foto saya , membuat saya mendapat 2 kenangan dari idfb'er. Yang pertama adalah Decorating book by Wilton, saya dapat karena foto Talam saya mendapat favorit, yang kedua adalah yang baru saja dapat adalah Spoon rest, yang di dapat karena foto saya Sate Padang mendapat favorit like. Terima kasih tak terhingga untuk idfb dan semua member.

R e s e p 

TUMPENG NASI KUNING ala Pawonike
Source : ncc-indonesia
Modifikasi : pawonike (pakai RiceCooker)

Bahan :

800 gr beras putih
200 gr beras ketan

(Karena Ike pakai ricecooker, aku pakai, 6 cup beras putih, 1 cup beras ketan, kecukupan air yang sudah bercampur dengan santan adalah 1 3/4 buku jari telunjuk saat menyentuh permukaan atas beras, untuk menjadi tumpeng seperti di atas, Ike masak 2 kali Ricecooker dengan satu kali masak 7 cup beras putih-ketan)
1200 ltr santan (Ike pakai 800ml santan kental (2 kali masak)) Satu kali pemakaian masak nasi pakai 400 ml santan kental, campur air 1 cup ---> untuk satu kali masak nasi Kuning,  ukuran air adalah 1 3/4 buku jari telunjuk)
Bawang putih halus 1 sdm (tambahan ala Pawonike)
1 sdm kunyit halus
2 sdm garam
4 lbr daun salam
1 lbr daun pandan
2 btg sereh
1 sdm air jeruk nipis


Cara membuat :


  1. Cuci beras dan ketan sampai bersih, masukkan mangkok rice cooker, beri bumbu-bumbu, aduk dengan rata.
  2. Siap di set untuk di masak, sampai matang.
  3. Setelah matang, aduk-aduk rata, tutup kembali, biarkan beberapa menit agar kematangan sempurna. Biasanya suka ada yang tidak rata pematangannya, kalau membuat Nasi Kuning pakai rice cooker. Karena itu perlu diaduk-aduk, dan tunggu di dalamnya matang dan bercampur rata.

Siapkan pendamping Tumpeng Nasi Kuning, seperti Ayam Ungkep, Kering tempe, Urap, Telur Balado. Semua resep-resep pendamping ini saya lihat cocok dengan resepnya ncc-indonesia.com . 

Untuk Tumpeng kali ini, saya hanya membuat minimalis pendamping nasi, karena waktu dan tenanganya ga cukup....he he...

Ayam Ungkep 
Modified pawonike

Bahan :
2 ekor ayam, potong sesuai selera

1 buah lemon, ambil airnya.
 
Bumbu, haluskan :
 
10 bh bawang putih
2 ruas kunyit
1 1/2 sdm ketumbar
1 btg lengkuas
1 ruas jahe
5 btr kemiri
1 sdt garam
 Semua bumbu haluskan dengan blender atau chopper.


Cara Membuat :
Ayam cuci bersih, lumuri dengan air lemon, diamkan sejenak, cuci kembali. Kemudian baluri ayam dengan bumbu halus, masak dalam panci atau wajan tertutup sampai ayam keluar air dan matang. Angkat.
Goreng dalam minyak banyak bersama bumbunya. Kalau Ike di panggang dalam oven, sampai matang dan kecoklatan. 


Urap Sayuran 

Bahan :
 
250 gr bayam 
500 gr wortel
250 gr kol putih

200 gr tauge
 
Bumbu Urap :
 
1 btr kelapa, kupas, parut kasar (Ike pakai 500 gr Kelapa Parut siap pakai)
3 bh cabe besar
3 bh bawang merah
1 bh bawang putih
1 sdt terasi
1 ruas kencur
2-4 bh daun jeruk, buang tulang
1 sdt garam
1 sdm gula merah sisir
penyedap bila suka.
 
Cara Membuat :
Bumbu : ulek cabe merah, bawang merah, bawang putih dan garam hingga halus, masukkan terasi, gula merah dan kencur, haluskan pula. 
Campur bumbu halus dengan kela parut, aduk rata, beri daun jeruk. Kukus hingga matang, angkat.
Siangi sayur mayur, rebus dalam air mendidih masing-masing secara terpisah. Tiriskan.
Taruh sayuran rebus dalam wadah, taburi bumbu urap, aduk rata.


Bahan mendekor Tumpeng Nasi Kuning 

4 buah timun, potong, kreasi hiasan sesuai selera
2 buah paprika untuk tempat sambal terasi
Bisa juga dengan wortel, brocolli, seledri, dan lain-lain.

Untuk assembly Tumpeng Nasi Kuning ini, saya hanya mempunyai kerucut yang kecil, he he...karena kalo yang besar mahalnya minta ampun, maklum impor....he he... Saya kombinasikan bentuknya dengan cetakan cake yang kotak dan bulat. Ide mengalir saja saat bikinnya. Dan untuk membuat tumpeng Nasi Kuning ini yang 3 tahap, saya memerlukan 14 cup beras, dengan 2 kali masak nasi di rice cooker, ini cukup untuk koncumsi orang 30 orang saja. 



Mati ide saat merias, adalah kelemahan jam terbang membuat Tumpeng Nasi Kuning. Modal nekad adalah salah satunya. Mengingat satu tampan Tumpeng Nasi Kuning komplit ini, bisa mencapai harga $250-$300 untuk 30 porsi. Waduuuhhh...kebayang kan kalau di rupiahkan....ck ck ck ck.... Makanya jungkir balik deh pengen bisa bikin, biar ga keluar banyak duit untuk suatu perayaan.

C e r i t a   P e r a y a a n  d a n  N a s i K u n i n g  a l a  I k e

Nah, bercerita tentang perayaan. Nasi Kuning ini adalah seperti wajib dibuat saat di keluargaku ada yang berulang tahun... Walaupun cuma denga telur dadar, yang penting ada nasi kuning, begitu lah kenangan masa kecil saya di Bandung. Maka kebiasaan itu akhirnya mengakar dalam diri saya, setiap ada anggota keluarga kecil ini yang ulang tahun, InsyaAllah saya buat Nasi kuning. 
Awal-awal hanya bikin nasi kuning, lama-lama ada keinginan saya untuk membuat tumpeng...he he...
Walau pun kecil, tetap tumpeng....



Anak-anakku sangat senang dengan nasi bentuk kerucut ini...mereka selalu takjub...


Ada saat, tiap anggota keluar mendapat satu tumpeng kecil, kemudian saya hias ala kadarnya...bisa aja..dan mereka suka....:D


Membuat tumpeng Nasi Kuning ala saya ini, adalah suatu pekerjaan yang luar biasa lelah, karena yang lelah adalah membuat pernak-pernik nasi kuningnya ini, yang harus dibuat satu hari sebelumnya, belum lagi, membuat ini itu pendamping tumpeng, seperti cake, minuman dan lain-lain. Tapi bila setelah melihat hasilnya, dan para tamu puas, rasanya kelelahan itu sudah terbayar lunas saat itu juga....:)

Untuk tumpeng di atas ini agak cukup banyak pendamping :

Source : tempe kering NCC

Source :perkedel kentang NCC

Source : telur balado NCC

Terkadang saya tidak terpaku pada patokan resep yang ditulis, bukan sudah terbiasa tentu, hanya feeling takaran pakai ilmu kira-kira, he he he...


Anakku sangat senang dengan kejutan tumpeng nasi kuning ini, saat pengajian di rumah beberapa waktu yang lalu.


Ulang tahun anak bagiku adalah bisa dijadikan ajang eksperiman membuat apapun, he he...salah satunya Tumpeng Nasi Kuning ini....

Pelajaran yang berharga dari membuat tumpeng ini adalah mencoba dan belajar, guru saya yang tidak bisa disentuh dan dipeluk adalah ncc-indonesia- Bu Fatmah Bahalwan Membuat Tumpeng itu mudah , he he...dari mulai persiapan pendamping-pendamping tumpeng, juga tips-tipsnya. Coba dan lihat, pasti bisa deh....:) Thank u juga buat Wulan Sucipto, yang udah bantuin ngupas2 dan nata2 pernak pernik, he he....

Akhirnya.....
Saya ucapkan Selamat Ulang Tahun Indonesian Food Bloger yang 1, semoga semakin solid dan keren, dan tidak pernah pudar dalam berkreasi!

Untuk IDFB, saya persembahkan untukmu....



Salam Hangat, 

No comments: