Kitchen - Traveling - Education


All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Friday, November 30, 2012

Gulai Cubadak - IDFB chalenge#7


Hai apakabar pengintip pawonike...he he...rasanya sudah berbulan-bulan tidak mengisi blog nih. Alhamdulilah berkat event IDFB - Indonesia Food Blogger chalenge#7 yang bertema Gulai, saya ikut mengisi, itung-itung mengisi blog juga...he he...



Banyak sekali gulai-gulai yang di tanah air, macam ragam daerah memiliki khasnya masing-masing, sungguh kaya kuliner Indonesia. Gulai, yang terbayang dibenak saya adalah soup yang berkuah kental bersantan gurih....slruupppp.....he he....

Untuk event ini, saya mencoba yang bukan dari daerah saya, tapi gulai ini sangat saya suka....semoga saja mirip...:D Gulai Cubadak ini berasal dari Padang Sumatera Barat, suatu kebanggan tersendiri bisa memasak masakan daerah lain. Karena bahan disesuaikan dengan keadaan rantau saya di Perth, saya mempergunakan Nangka Kalengan. Tapi rasa, Alhamdulillah mirip ko....:D

Gulai Cubadak 

source : NCC
modifikasi : pawonike

Bahan


  • 1 kg nangka muda, dipotong kotak, (Ike pakai 3 kaleng Nangka Ar-Roy product of Thailand)
  • 1/2 kg Tulang Sop/ Tulang iga ditambah tetelan daging sapi
  • 2 liter santan kental dari 1 ½ butir kelapa (Ike pakai 800 ml Santan kental dari Karra)
  • 250 gr kacang panjang, potong-potong
  • 150 gr kol, iris kotak-kotak
  • Minyak untuk menumis
Bumbu yang dihaluskan :
  • 10 kemiri
  • 1 ibu jari kunyit
  • 1 ½ ibu jari jahe
  • 2 ibu jari Lengkuas
  • 10-15 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit hijau
  • 8 buah bawang merah
  • 5 buah bawang putih
Bumbu lainnya :
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, ambil putihnya
  • 2 lembar daun kunyit buat simpulnya (Skip, karena tidak tersedia, susah juga sih carinya....Ike)

Cara membuat : 
  • Tulang direbus sampai empuk (aku dipresto aja kurleb 30 menit)
  • Tumis bumbu sampai harum, masukkan bumbu halus, kemudian beri 400ml santan, biarkan mendidih. Selanjutnya masukkan tulang dan tetelan yang sudah empuk, dan sisa santan, masak sampai mendidih, kecilkan api.
  • Masukkan nangka dan masak hingga matang, lalu masukkan kacang panjang dan kol beri gula pasir dan garam sesuai selera.
  • Siap disajikan dengan lontong atau nasi. 




Hmmm...slruupppp...lumayanlah mirip...he he...

No comments: