All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Tuesday, September 28, 2010

Mie Ayam Jamur Pangsit


Sajian ini ga sering amat dibuat, tapi dalam sebulan pasti dibikin.... Memang sih, rasanya ga sama sama yang jualan, tapi yang jelas lebih sehat, baksonya bikin sendiri loh...juga pangsitnya...proyek keroyokan sama Avi, anak pertamaku...:D uhuuuy...bisa dikaryakan dia sekarang....:p Sebagai catatan, ini resep yang sering kami pakai....:D

MIE AYAM JAMUR PANGSIT kuah Bakso Sapi


Bahan
250 gr ayam fillet potong dadu
200 gr jamur, potong tipis, 
250 ml kaldu ayam (dari rebusan kulit ayam)
1 buah bawang bombay, rajang
3 siung bawang putih, rajang
3 bawang daun bagian putihnya saja, iris halus
gula pasir, garam (klo saya 3 :1)
1 sdm minyak ikan
1 sdm minyak wijen
4 sdm kecap manis
2 sdm minyak sayur untuk menumis
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt kunyit bubuk
1 sdt merica bubuk

Kuah Mie ayamnya
750 ml kaldu ayam
2 sdm kecap manis
1 sdt garam

Bahan Lain
- Mie telur, rebus, siram dengan air dingin, tambahkan 2 sdm minyak aduk-aduk agar tidak lengket dan tidak bau tepung
- Siomay/pangsit goreng, homemade...
- Bawang daun iris bagian hijaunya
- Bakso sapi, homemade...
- Caisim, siram dengan air panas


Kaldu Ayam
:
Rebus daging ayam, kulit, lemak, dan tulang dalam 1 lt air, kecilkan api, didihkan terus dengan api kecil selama memasak.
Tumis Ayam
1. Ambil daging ayam dari rebusan kaldu, potong dadu, sisihkan
2. Panaskan minyak sayur dan minyak wijen, tumis bawang putih dan bawang bombay sampe harum
3. Tuangi 250 air kaldu ayam
4. Masukkan ayam, jamur, gula pasir, garam, minyak ikan, kecap, ketumbar, kunyit, bagian putih bawang daun, dan merica, aduk terus sampai kuah susut, bila pengen banyak kuah tumis ya ga perlu susut,

Kuah
Buang kulit, lemak dan tulang ayam dari air kaldu, masukan kecap, garam, dan bakso sapi, didihkan sampai bakso sapi mengapung dengan api kecil

Penyajian
Tata mie pada mangkuk, beri tumis ayam, caisim, bawang daun dan bakso sapi, pangsit, dan sambal bakso. Siram dengan sedikit kuah, beri saos tomat sesuai selera pada topingnya...



yummm yummmm......

2 comments:

meinekueche said...

kapan2 ak mau coba resepnya aaah,boleh ya mba??....secara ak dah bisa bikin bakso sapi sendiri,,,,heheheheh....

Ike Hermawan said...

boleh dong....:)