Kitchen - Traveling - Education


All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Tuesday, March 19, 2024

Menü Buka Puasa Keluarga (1)


Gorengan Bala-bala dan Es buah 

Alhamdulillah, Ramadhan datang, Alhamdulillah bisa kembali menikmati segala ibadah dan kebaikan Ramadhan. Setiap Ramadhan selalu istimewa. Dan setiap Ramadhan emak-emak selalu memutar otak menyusun menu berbuka dan sahur. Di keluargaku, menu yang wajib aja setiap ifthar adalah gorengan, dan es. Rasanya selalu memutar otak bikin apa ya buat buka nanti, karena kan kalau itu-itu bosan. Apalagi di Brisbane ini, segalanya harus bisa bikin, di Perth masih mending kota nya lebih kecil daripada Brisbane, klo sekalinya malas bikin bisa order dan diambil atau antar. Di Brisbane, karena regional nya besar dan orang Indonesia nya tersebar sampai 10-30 km, Aduh mana tahan deh…hahahah….

Ayam woku, sayur cap cay, homemade kroket dan pastel

Jadi memang mau ga mau harus nguplek di dapur. Bikin kroket aja bisa dua hari, bikin isiannya dulu, kemudian kulitnya, ngukus kentang, ngadonin  terus ngebuletin. Tapi cepat habis klo dah digoreng.

Gorengan Rarawuan, Kolak Candil, Es Buah dan Soto Ayam

Bikin kolak, untung ga harus tiap hari, karena variasi makanan, kolak pun bisa habis dalam 3 hari, hehe. Gorengan variasi Rarawuan Bandung, ada resepnya di sini, enak banget ini, tapi anakku yang bujang kurang suka, kok kayak cookies cenah, haha…. Nah, menu berat seperti diatas yang praktis aja Soto Ayam, rebus sekilo dada ayam, sebagian saja yang untuk suwiran soto ayamnya. 

Es Buah dengan potongan agar-agar sisa kemarin, Ayam suwir Bumbu Bali, Ayam suwir Buffalllo,Sayur  Cap cay, Kroket

Nah, karena ada sisa suwiran ayam dari menu Soto Ayam, aku bikin Ayam Suwir bumbu Bali yg pedes, dan Ayam Suwir Buffallo yang ga pedes. Yang segar-segarnya, Es buah dengan tambahan potongan puding sisa kemarin. 


Gudeg Ayam Telur, Sambal tempe krecek, cendol, Krupuk oncom Banjur

Bikin gudeg Ayam ini, praktis aja pake presto, abis mateng di Presto pindahin ke wajan, biar makin meresap dan lekoh, temannya gudeg ya krecek tempe kacang tolo. Dan menu wajib kesukaan suami adalah Krupuk Olay alias Krupuk banjur, yang kerupuk nya harus pake Krupuk kuning, sajian dicelup atau dibanjur dengan sambal oncom yang khas wangi kencur dan kemangi. 

Es buah yang di serut dan Ayam Woku



Puding Lumut Mentega 

Nah ini, ini puding di adaptasi dari Puding Lumut Mentega, yang harusnya bawahnya warna kuning mentega, tapi karena agar-agar ya warna merah, jadinya warnanya pink, deh….Resep nya udah aku Sharp di sini…


Ini Pesmol Ikan Mas, kalau di Brisbane pakai Euro Crap Fish, ukurannya sekilo lebih jadi dipotong 4 deh biar masuk wajan. 




Homemade Cendol, tapi cendolnya pakai tepung cendol instan jadi tinggal kasih air dan aduk, terus cetak pake cetakan mashed pot-pot. Bikin saus Palmer sugar, saus santan dan potongan nangka.

Nah, sekian ide menu berbuka selama seminggu ini, semoga minggu berikutnya masih semangat masak-masak! 




 

No comments: