Kitchen - Traveling - Education


All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Thursday, March 28, 2024

Putri Salju Bola Pandan Almond

 



Tak dipungkiri moment Ramadan selalu menjadi ajang kebersamaan keluarga. Dulu, mamah saya menciptakan itu, membuat kue bersama untuk sajian para tamu yang akan bersilatutahim Idul Fitri ke rumah, saya kala itu hanyalah tukang ngocok dan tukang mulung dan bentuk adonan, selebihnya resep Mamah yang pegang. Sekarang kebalik, anak-anak berada diposisi saya seperti dulu, hehe...dan suasaana itu menyenangkan. .
Bola Salju Pandan Almond, terinspirasi dari adik maya ku yang jauh diseberang neng @rickeindriani_ordinarykitchen , saya belum pernah bikin Putri Salju Hijau, neneng satu ini memang luar biasa menginspirasi ya, thank you sayang 😘
Resep kurang lebih bahan sama seperti Ricke, hanya takaran yang berbeda sedikit, dan ditambah almond,  kebetulan resepnya hampir sama, pas banget sama persediaan maizena yang kurang takaran, hehe jadilah di adjust ala saya. Emang enak ini! Anak sy suka! paduan wangi pandan dan butter wanginya, hmm..yuk coba..

. ~Bola Salju Pandan Almond~

Bahan :

300 g terigu protein sedang
250 g mentega (bisa 125 butter - 125 margarine)
50 g maizena
2 sdt pasta pandan
50 g almond cincang
50 g gula halus
75 g susu bubuk

Bahan untuk saljunya :
250 g gula tepung
Cara membuat :
1. Campur mentega dan gula halus dengan menggunakan whisk, sampai halus dan lembut, tidak perlu mengembang.
2. Setelah itu beri pasta pandan, aduk sampai rata.
3. Selanjutkan masukkan terigu, maizena, dan susu aduk-aduk menggunakan spatula, sampai kalis, terakhir tambahkan almond cincang, aduk rata.
4. Siapkan loyang kue kering, alasi dengan baking paper.
5. Adonan dipulung bulat-bulat sebesar kelereng, tata jarak, nantinya tidak terlalu mekar ko jadi boleh agak rapat.
6. Sementara membentuk bola-bola salju, panaskan oven 150 derajat.
7. Panggang sampai matang, cara panggang di oven saya rack bawah dulu 10 menit, sampai kue mekar dan matang, baru naik ke atas, untuk set kematangan. Sesuaikan dengan karakter oven masing-masing.
8. Angkat dari oven, biarkan uap menguap dulu, dan gulingkan bola-bola hijau ke dalam gula tepung, dinginkan di atas cooling rack, lalu masukkan ke toples kesayangan.

No comments: