All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Sunday, February 19, 2012

Es Brenebon Manado (Es Kacang Merah Manado)


Es Brenebon atau Es Kacang Merah ini adalah sajian khas dari Manado. Iyaaaa khas banget...karena di Bandung aku biasanya dibuat Sayur Angeun Kacang Beureum, (Sop Kacang merah) sop kacang pake kayu manis juga masaknya, ditemanin ikan asin dan nasi ngebul, he he... Tapi di Manado, kok kacang merah bisa dibuat Es manis gini ya...? suwerrrrr heran asalnya, ha haaa....pertama ngerasain di rumah teman, ragu-ragu, ko kacangnya manis...hihihihi.... Lama-lama enak juga euy...:D
Nah, untuk setoran kali ini, aku kirim Es Brenebon untuk entry Indonesia Foodbloger di Facebook, yang bertema Minuman-minuman khas Indonesia.


Pilih memilih resep, akhirnya dapet resep dari Nova Online. Resepnya gampang banget ternyata....ini dia...:D

Es Brenebon (Es Kacang Merah) Manado
Modified : Ike
Source : Tabloid Nova

Bahan :
200 gr kacang merah, rendam 3 jam
1 ltr air
1 batang kayu manis

Saus/sirup manis :
200 gr gula pasir
300 cc air
1 sdm cokelat pasta

Pelengkap :
Susu Kental manis Coklat (karena di Perth ga ada, susu kental manis putih dikasih pasta coklat :D
Es batu/es serut

Cara Membuat :

  1. Didihkan kacang sampai lunak, tiriskan, hati-hati jangan sampai hancur.
  2. Didihkan air, gula pasir, setelah mendidih beri pasta cokelat, aduk rata, sisihkan.
  3. Siapkan gelas saji, taruh kacang merah, beri saus manis, beri es serut/es batu, tambah susu kental di atasnya. Jadi deh...
  4. Sajian dingin lebih enak loh....lah iyaaaa dong....:D


No comments: