All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Tuesday, December 28, 2010

Bolu Kukus Susu

Bolu Kukus Susu
 Pertma kali membuat bolu kukus adalah bolu kukus santan, yang memakai soda, hasilnya merekah dan lembut...resep dari sini Arcawinangun via NCC, dan sukses merekah, resepnya seperti di bawah, saya pakai 1/2 resep ...

Bolu Kukus

source : Kara diposting di milis NCC

Bahan :
200 gram gula pasir
250 gram terigu
100 cc santan kara
100 cc sprite
3 butir telur
1/2 sdm emulsifier
pasta coklat/pandan/strawberi (optional yang ada)
vanili secukupnya

Cara  membuat :

1. Panaskan kukusan, beri serbet pada tutup kukusan
2. Campur semua bahan dan mikser dengan kecepatan tinggi selama 10 menit
3. Beri warna sesuai selera
4. Isi adonan ke cetkan berselang seling
5. Kukus lebih kurang 10-15 menit

Note from Arcawinangun :

Biar bolkusnya `ngakak` ada sedikit tips nih, hasil pengamatan bikin kemaren :
1. Kocok adonan sampai kental, ciri adonan kl dituang pake sendok berat, lama baru jatuh kembali
2. Isi cetakan sampai penuh, kl nggak penuh adonan gak mau mekar karena ketekan dinding kertasnya
3. Jangan terlalu penuh dandangnya, beri jarak antar cetakan supaya kuenya dapat banyak uap
4. Masukkan adonan saat dandangnya sdh menghasilkan banyak uap dan pake api yg besar
Sayang tidak terfoto...:D maaf ya....

Nah, penasaran dong sama yang TANPA SODA, :D resepnya saya lihat dari sini Mira Assjarif

 Bolu Kukus tanpa air soda

Bahan :
1 butir telur
1/2 sdt emulsifier (pake TBM)
125 gr gula pasir halus
1/4 sdt essence (pake essence almond)
150 gr terigu
1,5 sdm susu bubuk full cream
110 ml susu cair
1 sdt pasta coklat

Cara Membuat :
- Panaskan kukusan sampe mendidih dengan api besar.
- Ayak bahan kering jadi satu, sisihkan
- Kocok telur, gula pasir hingga berbusa, lalu masukkan emulsifier, kocok hingga putih dan kental, dan berjejak.
- Masukkan bahan kering dan bahan cairan bergantian, sambil dikocok dengan kecepatan sedang, lakukan dalam 3 tahap, setelah rata, langsung matikan mixer.
- Bagi bagian adonan, beri pasta coklat aduk rata, aku pake milo satu sdm mkn.
- Masukkan ke dalam cupcake yg sudah dialasi cetakan bolu kukus
- Kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan selama 15 menit.

Thanks Mira yaaa...:D


Bolu kukus Susu

Nah, penasaran juga sama resep ini...:D resep saya lihat juga dari sini Mira Assjarif

BOLU KUKUS SUSU
Recipe : Tabloid KOKI

Bahan :
200 gr gula halus
2 butir telur
175 ml susu cair
1 sdt emulsifier
225 gr tepung terigu ayak
1/2 sdt baking powder
Sedikit garam
Pasta Vanilla, Mocca, dan Strawberry secukupnya (optional yang ada)

Cara Membuat :
  1. Panaskan dandang kukusan dengan air yang banyak dan api besar, aku pake steamer electric
  2. Kocok gula, telur, dan susu selama 5 menit sampai mengemban, terlihat adonan agak berat tidak berupa cair.
  3. Masukkan emulsifier, kocok lagi sampai mengental 
  4. Masukkan terigu, baking powder, garam, dan pasta vanilla, mikser terus selama 5 menit , kocok sampai putih padat, dan berat.
  5. Ambil sedikit adonan, beri pasta pandan, dan syrup cocopandan
  6. Masukkan kedalam cetakan bolu kukus yang sudah dialasi cup kertas sampai penuh
  7. Kukus 10 menit dengan api besar sampai merekah
  8. Hasilnya, lihat sendiri...:D
 Terima kasih teman-teman sudah sharing...:D

No comments: