All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Thursday, January 14, 2010

Spicy Crabs


Anak perempuan saya, Avi, suka banget makan kepiting, si emaknya sering dibuat kelabakan, karena masak kepiting memang istimewa, perlu perjuangan keras...:D Awal-awal si kepiting ga pernah di potong setelah dibersihkan, kini di belah dua, biar Avi gampang mencubit dagingnya...hehe.....
Kali ini saya coba Kepiting Saus asam manis, pakai resep gampang aja....yang mudah dan cepat....:)

Kepiting Saus Asam Manis by pawonike :
Bahan:
2 ekor kepiting, bersihkan, belah
2 cm jahe, geprek, cincang
5 buah tomat ceri, belah 2
1 sdm saus tomat
1/2 sdm saus cabai
1-2 sdm saus tiram
3-4 sdt gula pasir
1 sdt merica bubuk
250 ml air (secukupnya)
2 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air

Bumbu halus:
2 buah bawang merah besar (ukuran bombay klo disini)
4 sng bawang putih
1 1/2 - 2 sdt garam

Cara membuat:
Tumis bumbu halus bersama jahe, hingga harum.
Tambahkan saus tomat, cabai, saus tiram, gula dan merica.
Tuangkan air, didihkan, sampai meletup-letup.
Masukkan kepiting yang sudah dipotong2.
Masak dengan api kecil sampai bumbu meresap kedalam kepiting dan kepiting berubah warna.
Terakhir masukkan larutan maizena, masak sampai kuah mengental.
Hidangkan....slruuuppppphhhh

2 comments:

Rachmah Setyawati said...

Ini juga kesukaan Putri Tante...mintaa dong :)

Ike Hermawan said...

seandainya dekat Put.....:)