Kitchen - Traveling - Education


All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Monday, October 13, 2014

Tongseng Kambing ala pawonike



Bagi orang yang kenal orang Jawa atau pernah jalan-jalan ke Jawa atau bahkan yang pernah tinggal di Jawa, tentu mengenal Tongseng. Jenis makanan olahan sup yang terbuat dari kambing. Saya mengenal masakan tongseng ini justru di negeri orang. Karena seringnya berkumpul dengan masyarakat Indonesia yang berasal dari sabang sampai merauke di Perth ini. Jadilah kenal orang-orang Jawa yang jago masak. Salah satunya tongseng ini. Resep aslinya terus terang kurang tahu, sempet gogling di internet banyak macamnya...Intinya seperti semur kambing yang bersantan encer memakai irisan kol dan tomat. Mungkin seperti itulah.

Saya mencobanya. tapi Karena keterbatasan bumbu saat itu, saya mencoba membuat sup dari kambing ber ala tongseng, jadilah Tongseng ala dapur saya...he he... Specialnya ala pawonike ini pake saus tomat, star annise, dan cardamon. Alhamdulillah dapat pujian dari keluarga....senangnya....apalagi liat anak2 n suami makan lahap sampai kuah abis dari mangkok, he he..... Boleh dicoba, kalau disaat bumbu-bumbu tak kumplit di dapur....


Tongseng Kambing ala pawonike

Bahan :
1 kg daging kambing
2 lembar daun salam
1500 cc air
500 ml santan
2 cm lengkuas
1 batang serai
200 g kol iris lebar
3 suing bawang merah, iris tipis.
2 sdt garam
4 sdt gula pasir
3 sdm tomat pasta
3 buah star anise
1 buah lemon, cuci bersih, potong-potong (tidak perlu dikupas)
3 buah cardamom putih
2 sdm kecap manis
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

3 suing bawang putih
4 suing bawang merah
2 sdt kunyit
2 cm jahe
1 sdt ketumbar

Pelengkap :
Nasi hangat atau lontong
1 batang daun bawang
1 buah tomat, potong-potong,
2 buah mentimun, potong-potong,

Cara memasak


  1. Rebus daging kambing dan daun salam dalam air mendidih, tunggu sampai daging matang. Angkat dan buang airnya, potong-potong dagingnya menjadi potongan kecil-kecil.
  2. Panaskan minyak. Tumis bawang merah, masukkan bumbu halus, daun salam, lengkuas, serai, aduk sampai wangi, selanjutnya masukkan daging kambing dan kecap, aduk rata, kemudian masukkan santan, kecilkan api,masukkan saus tomat, star anise dan cardamom,  potongan lemon, biarkan mendidih. Matikan Api.
  3. Tambahkan kol ke dalam sup. Aduk rata selagi panci panas.
  4. Sajikan bersama potongan tomat, daun bawang dan nasi hangat.

Untuk 6 porsi

 

No comments: