All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Thursday, January 26, 2012

Rempeyek Kacang dan Teri


Rempeyek! akhirnya kutemukan resep yang benar-benar cocok! Pake tanda seru! karena senaaaaaaang banget! he he....Berkali-kali trial dan error, kenyang dengan berbagai resep yang dicoba, dari mulai rempeyeknya kayak bakwan :D, rempeyeknya banjir minyak, rempeyeknya melempem, sampe ke rempeyek yang keras klo digigit..... hihihihi.... Dengan modal wajan biasa ala sini, yang ga cekung ala indo, yaaaah,,,lumayanlah mengobati rasa kangen sama camilan satu ini...klo beli terus bisa jebol jadwal shoppingku nih....ha haaa...:D
Thanks banger buat mb Yulyan dengan resepnya di Rempeyek mb Yulyan , cocok banget mb...he he...cuma sya modifikasi dikit, dengan penambahan air, dan dirasa2 adonan harus cair, tak ga cair banget...hmmm..bingung ngejelasinnya, yang jelas bikin Peyek memang harus banyak latihan, klo ga nyoba kita ga tau gimana rasanya...hihihi....

REMPEYEK Kacang

Source : Yulyan http://www.dapur-eeyand.blogspot.com/2012/01/rempeyek-kacang-pecel-dan-tumis-daun.html
Modifikasi : Ike 


Ingredients :
2 cup tepung beras
1 cup tepung tapioka
2 sdm telur (dari satu butir telur di kocok...Ike)
3 bh daun jeruk,iris tipis
250-300 ml santan encer (Ike pakai santan kental 75 cc, tambahan air sebanyak kurang lebih sampai 250 ml,  bila dirasa adonan agak berat, tambahin air, sedikit demi sedikit, sampai agak cair, coba2 terus, sampai dirasa pas kerenyahannya...Ike)
1 cup kacang tanah, belah dua

Bumbu halus :
3 siung bawang putih (Ike pakai bawang putih bubuk, 1/2 sdm)
1 lbr daun jeruk
1/4 sdt ketumbar bubuk
1/2 ruas jari kunyit (optional) (Ike ga pake..)
4 bh kemiri
garam secukupnya.

Cara Membuat  :
Semua bahan- bahan di campur, aduk rata sampai kalis dan tidak bergerindil,  pertama mengaduk dengan menggunakan whisk, agar cepat halus dan kalis. Pada saat sesuai resep 200ml, adonan dirasa masih kental...jadi saya tambahin air sedikit demi sedikit...sampai dirasa adonan agak cair, jangan terlalu cair, nanti rempeyeknya ketipisan...he he....
Adonan ini bisa memakai kacang, tapi kacangnya jangan dimasukkan semua ke adonan , nanti jadi lembek dan ga renyah kacangnya, kacangnya harus ditaruh pas adonan mau masuk wajan. 
Minyak harus banyak, dan wajan disarankan yang cekung, (wok), memasaknya, ambil satu dengan sendok sayur adonan, beri kacang di atas sendok sayur tadi, baru kemudian tuangkan di pinggir atas minyak yang panas, beberapa saat sebagian adonan akan meluncur ke bawah minyak, dan tak lama adonan yang menempel akan turun dan berenang, biarkan matang kecoklatan, kalau perlu bisa dibalik, tapi ga juga tidak apa-apa sih....
Notes, jangan terlalu banyak rempeyek di wajan nanti akan menempel satu sama lain...





Kalau untuk teri, aku sih langsung aja masukin semua teri medan itu ke adonan, nanti pas nyendokin, atur berapa banyak teri yang mau di tuangkan ke wajan...kurang lebih caranya sama ko...


Selamat mencoba....:D

No comments: