Kitchen - Traveling - Education


All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Monday, April 1, 2013

Almond Orange Cake



Dulu-dulu kalau melihat Orange Cake, mikirnya ah...pasti biasa rasanya ga jauh dari buttter cake yang dikasih jeruk. Setelah pada suatu jamuan di pengajian di Perth, ada teman yang membawa Orange Cake ini. Duh...rasa orange nya berasa banget dan berasa bukan dari terigu, tanya-tanya ternyata itu cuma pake terigu sedikit dan sisanya pakai tepung almond....ho hoooo...pantesan enaaakkkk. Lupaaaaa nanya resep! ahhh ternyata ga jauh-jauh setelah buka-buka koleksi buku masakan ada resep ini....hihihi....hmmmmm ga jauh beda loh....hihi.....

Almond Orange Cake
modified by pawonike

1 buah jeruk sunkist
3 butir telur
175 gr gula kastor
1 sdt baking powder
200 gram almond bubuk (dari almond utuh, cincang dan blender halus)
50 gr tepung terigu serba guna

Cara membuat :

  1. Cuci bersih jeruk, kemudian tusuk jeruk dari ujung jeruk sampai pangkal (seperti nusuk sate), kemudian masukkan dalam air sampai terendam, rebus selama kurang lebih 1 jam, sampai airnya susut. Kemudian haluskan jeruk dengan diblender. Sisihkan.
  2. Panaskan oven 170 derjat C, siapkan loyang bundar ukuran 22cm, olesi margarin kemudian lapisi baking paper bawahnya saja dan olesi lagi dengan margarin kembali.
  3. Dalam sebuah mangkuk besar, kocok telur dan gula dengan kecepatan tinggi sampai adonan kental berjejak, tambahkan baking powder, bubuk almond, dan terigu, aduk rata dengan mikser speed rendah, matikan mikser, kemudian tambahkan pure jeruk, aduk dengan spatula sampai rata dan tercampur.
  4. Tuangkan adonan dalam loyang, panggang dalam oven selama kurang lebih 60 menit, cek kematangan kue dalam hitungan menit ke 50, panggang sampai matang.
  5. Sajikan dengan es krim atau selai jeruk, 
Source : Five a Day Fruit & Vegetable Cookbook


No comments: