All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Friday, July 6, 2012

Mie Kocok Bandung


Membuat Mie Kocok, (Mih Kocok) sambil terkenang mie kocok di Bandung. Di gerobak-gerobak penjual, ditulisnya Mih Kocok, he he... ga tau kenapa yah...:D Rasanya yang segar, kuahnya ringan, sedikit aroma cuka yang khas, juga rasa toge segar yang kalau dimakan masih kresh...kresh gitu... Khas nya Mie Kocok Bandung adalah memakai kikil, ada juga sebagaian pedagang memakai sum-sum tulang sapi  tentu lebih gurih....*slruuppp...:p

Mie Kocok Bandung
by pawonike

Bahan :
1 kg kikil sapi (tendon),

Bahan Kuah :
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica
11/2 sdt garam
3 sdt gula pasir
4 lembar daun salam
4 liter air plus air rebusan kikil

Bahan Pelengkap :
Mie gepeng (khasnya mie kocok, adalah mie nya yg gepeng dan agak lebar), seduh, dan tiriskan.
Tauge segar
Seledri
Beberapa butir bakso sapi (bila ingin)
Cuka Masak
Sambal Cabe
Bawang goreng


Cara Membuat

  1. Kikil cuci bersih, kemudian rebus kikil sampai mendidih, buang lendirnya, cuci sampai tak berlendir. Lalu presto kikil selama 30 menit, dinginkan, angkat kikil, dan potong-potong kira-kira 2 cm. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu-bumbu, didihkan air, masukkan bumbu halus, masukan sisa rebusan kikil. Biarkan mendidih dan cicipi rasanya.
  3. Siapkan mangkok, tata mie, toge, bawang, seledri, kemudian beri kikil , lalu tuangkan kuah mie nya. beri tetesan cuka, sambal cabe, dan beberapa butir bakso.
  4. Siap disantap hangat-hangat....




No comments: