Kitchen - Traveling - Education


All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Monday, June 27, 2011

Durian Butterfly Cupcakes (Sponge cupcakes)


Cupcakes ini adalah salah satu sajian dari cupcakes yang saya buat di ulang tahun anak saya,, awal Juni lalu. Biasanya saya membuat cupcakes cukup dengan resep 3 telur saja, kali ini saya mencoba resep yang lain, dari buku Diah S.Ananto, resep cupcakes dari sponge cake...:) Hasilnya cukup lembut.....Sponge cake....:D

Durian Butterfly Cupcakes
Source : Diah S.Ananto
Modified : Ike (saya bikin 1/2 resep dari aslinya..:)

Bahan :
4 kuning telur
2 putih telur
60 gula pasir
5 gr emulsifier (bisa skip...Ike)
30 gr tepung terigu protein sedang (plain flour)
50 gr margarine, lelehkan
8 gr tepung maizena

Cara Membuat :
  • Panaskan oven 160 derajat C.
  • Kocok telur, gula pasir dan emulsifier sampai kental (bila dituang adonan akan mengalir seperti pita).
  • Masukkan terugu, maizena, sambil diayak, aduk sebentar.
  • Tambahkan margarine cair, aduk dengan gerakan membalik adonan.
  • Tuang adonan 1/2 - 3/4 dari cup nya, panggang selama 25 menit / sampai matang.
  • Keluarkan dari oven, dinginkan, potong bagian atas cake, bentuk bulat, kemudian bagi 2, beri isian cream pada tengah-tenah base cup cake, kemudian taruh sayap kupu2, dengan bulat lingkaran di ditengah, dan ujung ratanya di luar, hias, tengahnya sesuka selera.

Untuk creamnya, saya memakai :
200 gr thick cream dan
1 sdm makan icing sugar, --- > kemudian kocok sampai kaku,
lalu beri tambahan 2 sdm daging durian yang dihaluskan, kocok lagi sampai rata, cream siap dipakai :D

Toping hiasan : sesuka hati...., aneka permen kecil, buah ceri dll :)

Jadi deh Durian Butterfly Cupcakes! :D

Happy baking!

No comments: