All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Monday, March 21, 2011

Oats Choco Chips Cookies (Neiman's Mistake)


Judul cookies sebenarnya adalah Neiman's Mistake, dari resepnya Ny.Liem dalam buku 100 Resep Kue Kering - Gramedia - 2010, buku ini adalah tanda mata dari mb Rachmah ' Mb R' Setyawati . Makasih mb R! :) Ngomong2 tentang Mb R, sy geli sendiri, perasaan saya adalah orang pertama yg ngomporin sebutan mb R, karena merasa klo bilang mb Rachmah, merasa kepanjangan, dan Mb R sendiri bilang dia geli juga dipanggil itu, he he... Tapi ternyataaaa...semua pasukan maya penggemar KedaikuIstanaku itu jadi memanggil mb R, he he.... TOP deh...:)

Kembali ke COOKIES, yaaa... Saya memberi judul gambaran saja untuk cookies ini, karena kalau selintas bilang Neiman's, apa sih...? he he...maaf ya Ny. Liem, tapi judul aslinya sy sertakan ko...:) Ini hanya untuk mempermudah saja....:)

Cookies ini renyah banget!crunchy! yummy......enakkkk....rasanya cocok banget sy sama resep ini...:) dan satu yang disuka dari cookies ini adalah adanya pemakaian OATS, gandum yang sangat sehat bagi jantung kita....:) Dalam resep ini ada beberapa modifikasi, seperti pemakaian 2 jenis butter, Ny.Liem pakai 100 gr mentega dan 65 gr margarin, tapi saya memakai 165 gr Canolla butter, butter dari tumbuhan (non hewani) :). Dan juga pemakaian Telur, Ny Liem pakai 2 kuning telur dan 1 putih telur, saya hanya pakai 1 butir telur saja, karea malah misah-misah, hehehehe...
Yuuuu ini resepnya yang mau coba....:D

Oats Choco Chips Cookies (Neiman's Mistake)
by Ny.Liem (modifikasi Pawonike)

Bahan I :
165 gr Canolla Butter (Sy pake Canolla saja...Ike)
50 gr gula pasir halus
100 gr brown sugar
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilla essence
 1 butir telur

Bahan II (Campur dan Ayak)
3/4 sdt baking powder
3/4 sdt soda kue
50 gr susu bubuk
120 gr tepung terigu
200 gr oats (havermout,) blender halus

Bahan III
Coklat chips, kacang mete/almond ground, semuanya kira-kira masing-masing 100 gr.
atau pakai Dark cooking cocholat yg dicincang jg bisa

Bahan IV
Cokelat chips, kacang mete, untuk taburan

Cara Membuat :
  1. Campur bahan I menjadi satu, kocok dengan mikser kecepatan sedang hingga mengembang. 
  2. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan dgn spatula, hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan bahan III, aduk rata.
  4. Cetak adonan dalam loyang dialasi dengan baking paper, atau diolesi dengan mentega, cetak dengan menggunakan dua sendok teh bulatkan dan pipihkan, taburi dengan bahan IV.
  5. panggang dalam oven, suhu 150 derajat C selama kurang lebih 15 menit, kemudian suhu turunkan jadi 100derajat C, pangang hingga kecoklatan, angkat dan dinginkan.
  6. Setelah mengeras dalam loyang, simpan dalam stoples kedap udara.



Hmmmm....Crunchy!!!
Noted : Untuk yang allergi nuts (kacang-kacangan) bisa di skip ko...:) 

Source : Ny Liem, 100 resep Kue Kering - Gramedia -2010

4 comments:

meinekueche said...

halo mba, nanya, canolla butter itu mereknya apa aja, dan dijual dimana ya? saya tertarik nih, karena kasian orang rumah kalo saya jejelin butter hewani/margarin melulu...thx sebelumnya

Ike Hermawan said...

Hai Meinekueche,...:)
iya sy juga kasihan klo keluarga dijejali butter hewani aja...:) ceritanya mo pola hidup sehat...he he...
Canola butter, klo di Perth, ada merk Fora, Meadow Lea, klo di Indonesia mungkin ada merk Motherchoice klo ga salah, cari aja butter yang terbuat dari tumbuhan,dan biji-bijian....
Semoga membantu ya....:) makasih ya udah berkunjung.....:)

Kedai Rachmah Online Cake Shop said...

I love U too, Jeng Ike (hahaha..walau tak cukup mengena panggilan "Jeng" ini, but I still love it , xixii)

Iya, gara2 Jeng cantik ini, sekarang jd lebih familiar dgn Mbak R. Pertama geli, tp kok ya lebih praktis bagi yg manggil nama saya, lama2 jd terbiasa jg. Dan justru berasa rasa sayangnya dengan panggilan itu (GeeR mode on)...hahaha

Semoga dari yg sedikit yg saya beri bs membawa manfaat disana :)

*Hugs

Ike Hermawan said...

hehehheee..makasih atas segala semangatnya mb R....:)) gpp dipanggil Jeng juga, sebagai panggilan sayang...:D
mwaaahhhh!