All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Thursday, August 5, 2010

Es Pisang Ijo

Pertama kali bikin pisang ijo, modal nekad karena anakku suka....:D Resep asli saya dari teh  Teh Herti Kitchen sudah meredam kepenasarannya, sayang pisangnya kurang empuk, karena disini pakenya pisang kukus frozen dari Vietnam :D Kalo teh Herti pure terigu, saya combine sama tepung beras...:D ternyata konon aslinya malah pake tepung beras.... Lumayanlah bikin anak senang...:D
  
Es Pisang Hijau

Bahan Kulit:
750 ml santan (500 ml santan, Karra 2 bks,,,,Ike)
1 sdm mentega
3 sdm minyak
500 gr terigu (250 gr terigu - 250 gr tepung beras,....Ike)
Daun pandan, secukupnya (pakai pasta pandan, dan daun pandan, ...Ike)
Garam

10 pisang raja matang (steam banana Frozen...Ike)

Cara membuat:
Kukus pisang smpi cukup matang, kupas kulitnya, sisihkan. (Saya tinggal kukus ulang aja, kareana pakai steam banana frozen,...Ike)
Blender bbrp lembar daun pandan bersama santan, kemudian saring.
Campur santan, mentega, minyak & sdkt garam, didihkan smbl diaduk2. (sampai halus...Ike)
Tuang ke dlm tepung, aduk hingga benar2 rata.
Aduk adonan hingga kalis.
Tipiskan adonan kira-kira saja, jangan terlalu tebal, bungkus permukaan pisang.
Kukus sampai kulit terlihat empuk dan  matang.
Angkat, dinginkan.

Bubur sumsum:
35 gram tepung beras
100 grams granulated sugar
500 ml santan kental
Garam

Cara membuat:
Campur semua bahan, kemudian masak dgn api kecil hingga mendidih dan meletup-letup dan ckp kental.

Pelengkap:
Sirup merah Rose ABC

Penyajian:
Iris-iris pisang hijau, siram dgn bubur sumsum & sirup merah.
Beri serutan es batu (ga pake...Ike)
Hidangkan dlm keadaan dingin. 
 

No comments: