All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Wednesday, September 16, 2015

Gudeg Presto


Begitu menyebut Gudeg, langsung terbayang betapa ribetnya membuatnya. Dari prosesi membuat bumbu-bumbu sampai mengumpulkan bahan. Apalagi kalau ingin Gudeg Komplit, mulai dari ayam opor, nangka, krecek, telur, semua butuh perlakuan alias pemasakan, he he... Beberapa membuat gudeg, kadang resep tidak ditakar, asal ada wangi ketumber dan rasa manis campur gurih, sudah cukup, kali kedua mencoba ditakar, masih dengan rasa ala-ala daapur pawonike, he he... Beberapa teman di Perth sangat piawai membuat gudeg dengan berbagai rasa khas masing-masing, semua enak! Maka, diambil kesempulan, ga perlu orang Jogja yang harus bikin gudeg, siapa pun bisa, yang penting, ENAK! he he....

GUDEG PRESTO 
modified by pawonike

Bahan :
1 kg nangka/ 4 kaleng nangka @400 g
500 g tulang sapi
6 butir telur rebus
12 lembar daun salam
4 cm lengkuas, geprak
200 gr Gula merah, sisir halus
400 ml santan kental
250 ml air
2 sdm air asam jawa

Bumbu halus:
8 siung bawang merah
6 siung bawang putih
2 sdm ketumbar, sangrai
4 buah kemiri, sangrai

Cara membuat:
  1. Rebus nangka yang telah dikupas, sampai berasa empuk dan berubah warna, tiriskan.
  2. Didihkan air kurang lebih 1 lt, rebus tulang sapi dan bumbu halus dan gula merah sampai mendidih dan gula merah larut. sisihkan.
  3. Siapkan panci presto, susun daun salam didasar panci, masukkan tulang sapi, nangka muda dan semua bahan-bahan termasuk telur rebus, siram dengan kuah bumbu dan santan. 
  4. Masak kurang lebih 20-30 menit, dihitung setelah panci berdesis. 
  5. Matikan api, biarkan sampai uap hilang, setelaha uang hilang dan tidak terdengar mendesis,, buka tutup panci, lalu hidupkan lagi api kompor dengan api kecil, aduk perlahan bila perlu, biarkan sampai kuah menyusut.
  6. Sajikan dengan pelengkap, Opor Ayam putih, Sambal goreng Krecek dan sambal bajak.





No comments: