Kitchen - Traveling - Education


All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Thursday, August 26, 2010

Chocolate Cashew Macaroon & Coconut Cashew Meringue

Wuihhhh...entah apa namanya macaroons atau meringue...yang jelas cookies dari putih telur ini bentuknya seperti ini....:) Tapi ko melebar amat yak...:(( berkaki sih...tapi ga gemuk....:D Menghibur diri, lumayanlah buat yang pertama kali bikin macaroon, mana bentuk bulatnya ga sama lagi...:)) Saya rasa ini jauuuuuuh dari sempurna....:)
Resep saya intip berdasarkan dari buku resep Kue Kering nya Sisca Soewitomo, yang berjudul Coklat Macaroon, yang saya tambahin mete bubuk dalam adonan...he he...ini dia resepnya...

Cocholate Cashew Macaroons 
modified by pawonike

Bahan :
4 putih telur (kurang lebih 240 gr putih telur)
350 gr gula Caster
1/2 sdt Cream of Tartar (COT)
150 gr Dark Cooking Coklat, parut, simpan dulu di kulkas
100 gr Cashew, kacang mede, blender kasar

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 150 derajat, (ternyata untuk oven saya kepanasan segitu, pas pemanggangan saya turunkan pada posis 130 derajat C, sampai akhir memanggang) , siapkan loyang, alasi dengan baking paper, sisihkan.
  2. Kocok putih telur bersama COT, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit, sambil terus dickocok hingga mengembang dan kaku, kurang lebih 10-15 menit mengocoknya.
  3. Masukkan Coklat, dan Cashew, aduk rata.
  4. Cetak adonan dengan menggunkan sendok teh, karena sendok makan kegedean jadinya...:). Biarkan sebentar biar melebar dulu.
  5. Panggang 20-40 menit, nah, saat pemanggangan ini yang unik, biasanya klo manggang kue kering, pake api bawah dulu baru api atas, kalo ini, untuk oven ku, pake api atas dulu, setelah atas mateng, kira-kira 20 menitan, diturun kan kebawah untuk memperkeras bawahnya macaroon, kalau pertamanya dibawah dulu, ternyata macaroon jadi retak-retak permukaannya.
  6. Setelah kue mengering, keluarkan dan dinginkan, baru diangkat hati-hati memakai pisau datar, Hati-hati macaroon ini cepat sekali retak.
  7. Simpan dalam stoples kedap udara.
Untuk 300 gram.


NOTES : Adonan ini saya bagi dua, yang satu untuk dijadikan Chocolate Cashew Macaroon, satu lagi Coconut Cashew Meringue.

Coconut Cashew Meringue 
modified by pawonike

Bahan :
Sama dengan di atas, hanya dalam filling coklat saya ganti dengan 150 gr kelapa kering siap pakai, sementara cashew tetap saya tambahkan.

Pembuatan sama persis seperti diatas, dan hasilnya seperti ini....:)


Jadi untuk satu adonan bisa dua jenis berbeda....hemat kan...:)

Source : Buku Resep Praktis Sisca Soewitomo, penerbit Gramedia, Jakarta

No comments: