All contents are COPYRIGHT of Ike Hermawan - http://www.pawonike.blogspot.com - DO NOT COPY UNLESS YOU ASK FIRST

Saturday, October 17, 2009

Tongseng Kambing (Indonesian Lamb soup with cabbage)



Minggu lalu diundang teman untuk makan siang, beliau menyediakan Tongseng Kambing, wah enak sekali... Saya ingat Tongseng Kambing ini sering ada di jajanan pinggir jalan di Bandung, tapi belum pernah mencobanya sama sekali, kata orang enak banget. Baru kemarin saya mencoba Tongseng Kambing, ternyata jatuh cinta.... Hmmmmm ga puas makan disitu, harus bikin, akhirnya googling deh.... cari resep nya, dan langsung oraktek...hmmmm....suamiku yang ga pernah makan juga, sukaaaa.....anak-anak apalagi, karena kambing memang empuk sih....:))
Bahan
500 gr daging kambing
100 gr kol, potong kasar
10 cm serai, memarkan
1 cm lengkuas, memarkan
4 lembar daun jeruk, remas2
3 buah cengkih
500 ml air
250 santan encer
1/2 sdt merica
2 sdm kecap manis
1 buah tomat, belah2
10 buah cabe rawit merah, belah2 ( ga pake....ike)
1 sdm gula pasir
garam seperlunya
2 sdm minyak sayur untuk menumis
bawang goreng untuk taburan

Bumbu halus
4 siung bawang putih
4 siung bawang merah
3 butir kemiri
1 sdt ketumbar
1/2 sdt jintan (ga pake...ike)
1 cm kunyit

Cara membuat
1. Tumis bumbu halus sampe layu
2. Masukkan serai, lengkuas, daun jeruk, dan cengkih, aduk sampe harum
3. Masukkan daging kaming, aduk sampe berubah warna
4. Tambahkan air, merica, dan cabe rawit, didihkan sampe empuk dengan api sedang
5. Tambahkan santan, kecap manis, garam, kol, dan tomat, didihkan dan aduk sampe kol layu
6. Angkat, sajikan ditaburi bawang goreng.

Source : http://www.keseharian.com/dapur/tongsengkambing.html

No comments: